9 Cemilan Favorit Keluarga

 

cemilan favorit

Bulan Mei ini terus terang saya dibuat kesal dengan tema Tantangan Blogging Mamah Gajah Ngeblog. Tema yang diajukan oleh Mamah May Sari Hendrawati adalah mengenai Makanan Favorit.

Loh kok kesel sih? 

Dimana-mana juga bawaannya kalau bahas soal makanan kan asyik ya. Terbukti intensitas komunikasi kami di grup Telegram MGN lebih hidup dengan taburan cerita makanan yang enak-enak. Btw, buat teman-teman yang kebetulan alumni ITB dan suka ngeblog, boleh loh ikutan gabung dengan Mamah Gajah Ngeblog. Infonya bisa dikepoin di websitenya ya. 

Baiklah,setelah iklan sponsor lewat, kita kembali bahas kekesalan saya mengenai tema makanan ini. Bagaimana nggak kesal coba. Pas saya mau bahas tema makanan favorit, eh... tulisan May muncul dengan judul 7 Makanan Favorit. Mau bahas Mie, eh... tulisan Aity muncul dengan judul Mie Mie dan Mie lagi

Mau bahas masakan yang sering dibuat karena mudah, eh... tulisan Risna muncul dengan judul 5 masakan favorit dari masakan pemalas. Pas udah buat draft soal masakan dengan bahan daging yang jadi favorit kami, eh... Alfi setor tulisan dengan judul Berbagai Hidangan Kambing Khas Solo

Ampun dah. Begitulah nasib orang yang nulisnya terlalu lambat. Keduluan mulu. Tapi akhirnya di hari terakhir ini, akhirnya saya menemukan juga ide menulis soal makanan yang bisa jadi cerita dan 'ngabibita' teman-teman untuk segera ngemil.

9 Cemilan Favorit Keluarga

Saya tu kan orangnya suka malas makan. Terutama makan nasi. Sukanya yang ringan-ringan tapi banyak. Kaya cemilan berikut  yang biasa dikonsumsi di antara jam makan berat. Apa ada yang favoritmu juga?

#1 Martabak 

martabak telur dan manis

Kami sekeluarga sebenarnya punya selera yang berbeda-beda soal martabak ini. Saya suka martabak telur saja. Raka suka martabak manis saja. Abah dan Sasya adalah suka dua-duanya. 

Satu-satunya martabak manis yang saya suka hanya martabak manis buatan Raka. Raka kebetulan sangat jago bikin martabak manis yang enak. Lebih enak daripada yang dijual loh. 

Sayang setelah SMA dia agak malas buat sendiri lagi. Katanya lebih murah beli saja. Padahal kalau buatan sendiri rasanya jauh lebih enak deh. Apalagi buatnya nggak susah dan bisa menyesuaikan jumlah topping sesuai selera. Kami sih paling suka toping keju, kacang dan mesis.

#2 Bolu Susu

Kalau yang ini bukan tipe cemilan yang kami buat sendiri. Tapi beli di brand langganan yang kebetulan dekat rumah. Untuk bolu susu ini juga selera kami beda-beda. Ada yang suka coklat saja, ada yang suka coklat dan keju. Yang pasti kami suka kue ini karena kelembutannya. 

Sebenarnya Sasya sempat berhasil membuat sendiri Bolu Susu lembut begini. Cuma rasa dan bentuknya masih belum bisa mengalahkan yang beli sih. Tinggal perlu latihan lebih banyak aja sih. 

#3 Bolen lilit

bolen lilit

Belum lama bolen lilit jadi favorit kami sekeluarga. Tapi sekarang tiap ke Griya supermarket, bawaannya jadi selalu pulang dengan membeli sekotak bolen lilit. Setengah kotak rasa keju, dan setengah kotak rasa coklat. 

Kami lebih suka yang ukuran kecil daripada yang ukuran besar. Ukurannya lebih pas sekaligus bisa mencoba beberapa macam rasa. 

#4 Es krim

es krim

Walau seringnya beli jadi, Sasya sebenarnya cukup jago buat es krim sendiri dari susu cair, susu buku, sp dan perasa saja. Rasa es krim buatan Sasya nggak beda jauh loh dari es krim yang sering kita temui di supermarket. 

Apalagi sekarang cone es krim kan mudah dibeli di supermarket. Dengan ditambah berbagai macam toping, es krim buatan sendiri jadi nggak kalah keren sebagai cemilan favorit keluarga.

#5 Pisang goreng

Keluarga kami memang selalu suka pisang. Pisang itu kayanya diapain aja enak ya. Pisang ambon dimakan mentah ok. Pisang cavendish dijadikan smoothie dengan sayuran enak banget. Pisang tanduk paling pas kalau dibuat pisang goreng. Apalagi sekarang ada tepung bumbu pisang goreng instant. Tinggal potong pisang sesuai selera, dibalur dengan tepung yang sudah diberi air, dan tinggal goreng deh. 

#6 Pisang bakar

kue dengan bahan dasar pisang

Pisang bakar adalah salah satu cemilan bekal sekolah anak-anak yang sering jadi pilihan saya. Caranya adalah dengan membagi pisang tanduk menjadi 3 bagian, lalu dipipihkan. Setelah itu digoreng dengan mentega dan ditaburi mesis. 

#7 Kolak pisang kolang-kaling

Ini cemilan mudah yang paling saya suka. Buatnya sangat mudah dan bisa disimpan untuk lebih dari sehari. Biasanya saya buat kolak dengan pisang tanduk 2 kg dan sebungkus kolang-kaling. Cukup dengan merebus pisang dan kolang-kaling di air gula merah dan menambahkan santan. Sederhana, tapi hasilnya enak banget.

#8 Bala-bala (bakwan)

bala-bala

Sebagai orang yang sudah lama tinggal di Bandung, tidak sah kalau nggak memfavoritkan bala-bala. Saya kenal bala-bala ini dari suami yang keluarganya selalu suka bala-bala dan gorengan lainnya. Tapi saya nggak sembarang suka bala-bala. Hanya bala-bala buatan suami saja. 

Terus terang saya sendiri kurang jago buat bala-bala. Seringnya kurang tipis atau tepungnya ketebelan. Pokoknya kurang pas aja deh. Tapi kalau suami yang buat, rasanya selalu sempurna. Menggoreng bala-bala itu memang perlu pakai hati dan cita. Halah... bilang saja malas ya. Tapi saya bantuin mengiriskan wortel dan cuci piring bekas masaknya kok.

#9 Kastangel

kastangel

Ini adalah kasta tertinggi dari cemilan di keluarga kami. Cemilan yang hadir setahun sekali saat lebaran saja. Aneh sih. Padahal sebenarnya tidak ada alasan penting kami tidak sering-sering membuatnya. Terlebih setelah sejak tahun lalu saya berhasil mengetahui cara membuat Kastangel dengan mudah

Buat saya, kastangel itu harus buat dengan resep sendiri. Karena rasa kastangel yang dibeli nggak ada yang cocok selera. Walau itu mahal. Untungnya, buatnya nggak susah. Bahan yang membuat kue ini rasanya unik adalah keju edam dan mentega wisman. Tinggal dicampur semua bahannya dengan mixer dan langsung bisa dicetak.

Kalau sebelumnya, saya sering kelelahan kalau membuat kue kering karena pengerjaannya yang makan waktu. Sekarang saya tahu rahasia membuat kastangel dengan cepat. 

Caranya dengan memasukkan adonan ke dalam plastik untuk diratakan. Untuk 1 kg tepung, cukup jadi 2 plastik saja. Lalu tinggal dicetak dengan cetakan untuk 45 potong kue sekaligus. Pastikan sebelumnya cetakan dikasih tepung ya. Setelah cetakan diangkat, langsung diolesin dengan kuning telur dan ditaburi keju.

Baru deh setelah itu dipindahkan satu demi satu ke loyang untuk dimasukkan ke oven. Asli deh, jadi cepat banget buatnya. 

rahasia membuat kastangel mudah dan cepat
Rahasia membuat kastangel mudah dan cepat.

Demikianlah #9 cemilan favorit keluarga kami. Kamu sendiri suka cemilan apa? Tim cemilan buat sendiri atau beli saja?



Shanty Dewi Arifin
Shanty Dewi Arifin Mama yang sedang semangat belajar menulis demi bisa bayar zakat sendiri.

11 komentar untuk "9 Cemilan Favorit Keluarga"

Comment Author Avatar
Seneng banget iih... keluarga Teh Shanty bisa bikin cemilan sendiri. Mulai dari martabak, segala olahan pisang, kastengel sampai es krim. Tapi memang lebih praktis ya kalau bisa beli saja, tinggal duduk manis lalu makan sambil nonton. Dari ragam cemilan yang Teh Shanty spill di sini, saya juga suka semua. 😁 tapi boleh nggak tambahin cireng juga?
Comment Author Avatar
Duh mana baca ini jelang sore, jadi mau makan pisgor. Ngga apa juga teh samaan temanya, nanti hasilnya beda. Tapi akupun mikir ulang sih waktu topik mie udah ada yang nulis. Akupun suka martabak dan es krim, hehe
Comment Author Avatar
Martabak asin telor bebek 3 ...
Wah jadi laper nih teh Shanty.

Martabaknya di makan jadi lauk plus nasi anget ...
Comment Author Avatar
Bolen lilit griyaaa.. Aku juga suka banget. Yang gede aja bisa abis beberapa kalau ga ditahan-tahan, apalagi yang mini. Hehe...
Comment Author Avatar
Teh Shantyyyy, terbengong-bengong saya dibuatnya ehehe. Kok bisa putra putri rajin dan sukses bikin jenis cemilan. Eh Pak Suami pun juga pandai bikin cemilan pula ehehe.

Wadawwww, jadi pengen makan bolen lilitnya Teh. Diriku ngiler dot com ini Teh Shanty..
Comment Author Avatar
Aduh baru tau itu ada cetakan kastangel begitu. Aku nggak pernah bikin kalau kastangel, biasanya beli aja deh. Tapi ini semua cemilan favoritku juga deh rasanya hehehe...
Comment Author Avatar
Jadi ingat, dari kecil aku taunya martabak itu ada 2: martabak asin dan martabak manis. Begitu pindah kota (balikpapan), disana martabak itu adalah martabak asin, dan martabak manis disebut dengan kata 'terbul' alias 'terang bulan' :D
Comment Author Avatar
Teh Shanty, jangan kesel lagi ya haha, kan enak ngomongin makanan.

Btw soal bala-bala itu bener deh, suamiku juga jago banget buat bala-bala, bisa tetep renyah ga jadi lembek, kayanya bala-bala memang spesialis para suami deh.

Makasih udah ikutan tantangan bulan ini ya Teh
Comment Author Avatar
Martabak manis kalo disini nyebutnya Terang bulan. Bala bala. Pisang goreng ah segala olahan pisang saya suka!!

Waaa kastangell. Tulisan ini mengandung life hacks yaa..
Comment Author Avatar
Wah keren amat pada bikin sendiri. Toss lah aku juga sukaaa banget sama pisang goreng dan kaastengels. Memang rada tricky ya nyari kaastengels yang enak. Beda vendor beda banget rasanya
Comment Author Avatar
Martabak telur.. hmmm enak tuh, pisang bakar, pisang bolen, kaalsstengel, bakwan… aduk itu enak semua…
Putra putrinya pinter masak ya… wah siap untuk bikin cafe sendiri dong ini.. hihihi… sip sip..