Apa Life Hack Terpenting dalam Hidupmu?

life hack terpenting dalam hidup

Kamu suka nonton video life hack yang biasanya berupa video pendek tentang segala macam printilan aneh-aneh yang bisa jadi meringankan masalah hidup kita? 

Kalau saya sih terus terang nggak terlalu suka. Karena banyak yang aneh-aneh. Dari selusin video pendek, yang mungkin berguna untuk hidup saya paling 3-4 metoda. Yang bisa dipraktekkan paling 2-3 metoda. Dan pada akhirnya yang benar-benar saya lakukan paling 1. Itu pun kadang gagal. 

Jadi… ya sudahlah… Semangat saya nonton video life hack pun meredup. Terlebih, setelah melihat banyak sekali alat yang mempermudah hidup itu begitu mudah ditemukan di market place dengan harga murah meriah. Nggak usah repot-repot buat dengan barang bekas ala rekomendasi life hack.

Seperti contohnya saya pernah terpesona dengan peniris sisa makanan untuk di sink. Kita bisa membuatnya dari bagian bawah botol minuman kemasan 1.5 liter yang dibolongin dengan paku pada bagian bawahnya. Lalu digantungkan di dekat keran sink. Kalau ada sampah makanan yang berkuah, cukup dibuang ke situ dan airnya bisa tiris dulu sebelum dibuang ke tong sampah.

Brillian! 

Tapi bikin sink kita rada kumuh dengan bekas botol minuman. Apalagi sebagai orang yang jarang punya kebutuhan beli minuman kemasan ukuran 1.5 liter, kami nggak punya stok botol seperti ini. Ditambah lagi, rasanya ukurannya terlalu kecil untuk menadah sisa makanan dari piring. Kalau terlalu kecil, kan bisa jatuh-jatuh ke sampingnya.

Ternyata untuk kebutuhan seperti ini, bisa dengan mudah ditemukan di market place dengan harga sekitar 15 ribuan saja. Cantik lagi. Problem solved!

life hack peniris sink
Kebetulan saya sempat lihat barangnya di rumah mertua. Dan ini lebih keren daripada potongan botol bekas.

The most important life hack

Itu sebabnya, saya mulai berpikir kalau  life hack yang sebenarnya dalam hidup adalah UANG

Dalam banyak hal, uang membuat hidup menjadi lebih mudah.

Seperti investasi pada alat rumah tangga yang lumayan mahal untuk memudahkan hidup. Memilih mesin cuci 1 tabung top loading yang harganya 2-3 jutaan daripada mesin cuci 2 tabung yang harganya 1-2 jutaan. Secara waktu, ini sangat membantu sekali.

Bayangkan saja, daripada repot secara manual mengisi air setiap bilasan dengan mesin cuci 2 tabung, dengan mesin cuci 1 tabung waktu mencuci jadi hanya tinggal memasukkan pakaian, pencet tombol, dan pakaian pun siap dijemur. Tidak ada lagi yang namanya waktu extra untuk mencuci. Bahkan anak-anak usia SMP pun sudah bisa diminta untuk melakukannya sendiri.

Mau yang lebih memudahkan lagi? Cukup kirim pakaian ke Laundry. 

Begitu juga urusan masak. Nggak usah repot-repot pakai life hack cara cepat menyiapkan makanan dengan membuat food preparation mingguan. Kalau punya uang lebih, cukup memilih membeli bahan masakan yang sudah disiapkan dan tinggal cemplang-cemplung sesuai menu yang kita minati. Sudah disediakan mau yang ukuran 3 orang atau 5 orang per porsinya. 

Atau bisa juga langsung pakai catering terbaik dan pesan saja. 

Kamu bisa hemat waktu untuk belanja, untuk melakukan food preparation, untuk masak setiap hari, untuk cuci panci bekas memasak, dan seabrek printilan lainnya.

Saya tu jadi ingat pernah ditawari membeli sebuah alat memasak super canggih oleh seorang kenalan baru saat kami tengah menemani anak-anak kursus masak. 

Si kenalan baru ini membuka pembicaraan dengan memamerkan bahwa dia bisa buat abon sendiri dengan cara super mudah. Pakai sebuah alat ajaib yang namanya Thermomix. Saya sempat susah memahami, kenapa bisa ada alat seajaib itu. 

Di klaim bisa menggantikan 20 alat masak konvensional. Pokoknya dengan pakai itu, semua bahan masakan tinggal cemplung-cemplung sesuai petunjuk, dan langsung jadi dengan sempurna. Dari kue, roti, makanan lokal, sampai makanan asing yang aneh-aneh semua bisa! Dijamin anti gagal.

Wah cocok banget buat saya yang cukup payah urusan memasak. Tertarik dong diriku. Dan mulailah menebak-nebak berapa harganya.

Ketika tahu alat ini, semua impian punya panci keramik berbagai ukuran dan warna, punya pengukus canggih, blender, oven, langsung sirna begitu tahu ada alat buatan German yang secanggih ini. 

“Mahal si Bu memang harganya, cuma bisa dicicil,” kata kenalan baruku ini. 

Memangnya berapa? 

27 juta saja! 

life hack alat masak Thermomix
Life hack panci ajaib dari Jerman

Sebagai orang dari kalangan ekonomi yang ingin membeli kuali keramik 300 ribu aja mikirnya lama banget, langsung keselek dong.

Baru tahu ada alat canggih yang bisa mengganti 20 alat lain, tapi harganya kira-kira sama dengan punya 20 alat lainnya. Cuma mungkin ya lebih ringkes tempat dan waktu aja. 

Baiklah, mungkin nanti kalau ada diskon 70% atau harganya sudah lebih masuk akal saya akan beli juga life hack ajaib ini. Kebayang, dapur saya yang mewah, hanya perlu ada 1 alat ini saja. 

Akui saja, UANG yang didapat dengan berkah, Insya Allah membuat hidup menjadi lebih mudah. 

Sebenarnya kalau saya sejujurnya lebih membutuhkan ada life hack untuk bisa menghasilkan uang dengan cara yang ringkas dan mudah. Tentu saja halal ya. 

Bagaimana kalau uangnya terbatas?

Nah, masalahnya tingkat ekonomi kita kan beda-beda ya. Tidak semua orang mampu membeli barang-barang terbaik yang diyakini bisa memudahkan hidup. 

Selain uang, life hack terpenting menurut saya adalah cara berpikir untuk memiliki kemampuan beradaptasi dengan apapun kondisi kita. 

Saya suka takjub kalau melihat berbagai macam kehidupan manusia di sosial media. Bagaimana setiap orang bisa bertahan dan menikmati hidup sesuai dengan kemampuannya sebaik-baiknya. 

Alhamdulillah, menurut saya saat ini semua kebutuhan kita selalu tersedia untuk berbagai tingkat ekonomi. Ada versi mahalnya, ada versi murahnya. 

Kemampuan untuk kreatif sesuai dengan penghasilan agar tidak besar pasak daripada tiang adalah yang paling kita butuhkan saat ini. Jangan sampai memaksakan diri untuk membeli barang-barang yang diluar kemampuan hanya karena kita pikir bisa membuat hidup kita lebih baik. 

Kan repot urusannya kalau sampai terjerat hutang. Di saat orang bicara soal investasi dan menabung, kita malah sibuk mikirin tumpukan hutang.

Semoga kita terjaga dari yang demikian dan hidup kita dimudahkan oleh-Nya. 

tantangan blogging mamah gajah ngeblog

Tulisan ini dibuat sebagai Tantangan Blogging Mamah Gajah Ngeblog bulan Maret dengan tema Life Hack (Produk atau Metode) yang Mempermudah Hidup.

Update 30 Maret 2023

Pengumuman Pemenang MGN Maret 2023
Alhamdulillah tulisan deadliner ini dapat 4 penghargaan bulan ini. 



Shanty Dewi Arifin
Shanty Dewi Arifin Mama yang sedang semangat belajar menulis demi bisa bayar zakat sendiri.

18 komentar untuk "Apa Life Hack Terpenting dalam Hidupmu?"

Comment Author Avatar
Aku mending beli 20 alat sih daripada 1 alat 27 juta, kurasa kalau harga 1 barang sejuta masih kembalian 7 juta malah. Atau sekalian duit segitu bisa buat makan berapa lama, udahlah beli aja langsung yg ga pake nyuci piring, hehehe
Comment Author Avatar
Sekarang panci atau kukusan aja ada yang 10 jutaan loh. Ampun dah. Kalau aku, cuma concernya apa ia jadi lebih rajin masak? Taunya malasnya tetap aja walau sudah punya panci mahal. Bukan apa-apa, sayang make barang mahal. Ha...ha...
Comment Author Avatar
Hihihi.

Benar sekali teh..lifehack paling efektif menurut saya adalah uang dan kemampuan survival.

Seringkali waktu berada di perjalanan /lagi kemping/ lagi perjalanan roadtrip panjang atau baru sampai di rumah pindahan baru..

Kemampuan survival bisa memakai apa saja untuk kebutuhan apa saja adalah salah satu cara mempermudah hidup dan menghemat uang Dalam kondisi seadanya.

Masak air panas pakai cangkir stainlees saat kemping.

Ngelap air minum tumpah di kursi mobil pakai baju kotor anak, krn kanebo jauh di belakang saat roadtrip, agar ga perlu berhenti (klo pakai tisu jadi banyak sampah).

Dan berbagai hal2 lebih aneh lainnya.wkwk
Comment Author Avatar
Camping itu ujian survival bagus buat keluarga ya. Bisa kepaksa efisien ya Sa.
Comment Author Avatar
Wow . . . Ada alat segitunya . . . mihil banget, ndak kuaaaat . ... Teh Shan. Bunda ndak pernah beli alat² apa² tetap menggunakan alat² dapur yang usianya sudah sekitar 30 tahunan dan itu sudah lebih dari cukup
Comment Author Avatar
Enak masakannya sama ya Bun. Buat 12 anak-anak bisa tumbuh sehat!
Comment Author Avatar
Aduh tos dulu ah teh Shanty ... 11/12 untuk peralatan dapur, aku beli yang sederhana dan gak nguras dompet he3 ...
Comment Author Avatar
Selama hasil makanannya sama, nggak perlu alat masak yang mahal-mahal ya Mbak.
Comment Author Avatar
Omg 27 juta. Apa mungkin sekalian hire chef aja kalau punya uang segitu? Hihihi... Kalau dapat uang ringkas as a blogger paling gampang terima content placement sepertinya ya teh, cuma ya itu isi tulisannya harus dicek lagi
Comment Author Avatar
Content Placement tapi bikin blog kehilangan warna personalnya ya. Kurang asyik juga sih Andina.
Comment Author Avatar
Mba Shanty, narasinya sungguh enak dibaca. :)

Sepemikiran dengan Mba Shanty, saya keselek baca harga Thermomix 27 juta. Ahahaha. Apalagi buat saya yang gak terlalu sering masak, sayang banget mau beli ya. Hhmm.

Nah saya mau juga Mba, hack menghasilkan uang dengan ringkas, mudah, banyak, dan halal. Ehehe.

Makasiiy banget atas tulisannya, Mba Shanty :)
Comment Author Avatar
Mungkin kalau punya alat masak 27 jt kita jadi otomatis berubah rajin memasak.
Comment Author Avatar
Hahaha bener juga, ujung ujung nyaa uang!
Comment Author Avatar
UUD ya. Ujung-ujungnya tetap Duit.
Comment Author Avatar
Haha tehh aku ikutan keselekkk.. panci 27juta ya Allah mending nyicil kpr aku mah hahaha
Comment Author Avatar
Ada orang yang beli panci, ada yang beli tas. Luar biasa memang orang-orang ini!
Comment Author Avatar
Yang juga penting dari alat masak canggih adalah skill memasaknya hahaha..
Itu yg saringan di wastafel saya beli yang murah silikon tapi ternyata meleyot2 malah ga cakep
Comment Author Avatar
Biasanya yang ribet beli alat masak canggih-canggih itu memang sekedar menutupi ketidakmampuan memasaknya. Diriku contohnya.