Mengapa Risna Perlu Punya Banyak Blog?

Mengapa risna punya banyak blog

Punya teman pintar itu memang sebuah anugerah yang tiada terkira. Untuk banyak hal, saya mengandalkan teman saya Risna sebagai tempat bertanya. Dari teknis blog, sampai segala pendapat remeh-temeh. Buat saya, lebih afdol nanya Risna daripada Google.

Kamu juga mestinya punya koleksi teman semodel Risna gini. Percayalah, sangat berguna! Di blog post kali ini, saya mau membagi beberapa alasan kenapa kamu perlu kenalan lebih jauh dengan Risna dan ‘setengah lusin’ blog-blognya. 

#1 Blogger Chiang Mai

Risna ini teman blogger saya yang agak berbeda dengan teman blogger saya yang lain. Bisa jadi karena domisilinya yang bukan di Indonesia, membuat gaya menulisnya jadi berbeda dengan kebanyakan blogger yang saya kenal.

Di blog Risna jarang sekali kita bisa menemukan post berisi iklan produk tertentu. Kalau pun ada, itu pasti produk yang beneran dipakainya sendiri

Risna dan suaminya Yohanes Nugroho (Joe) yang sama-sama lulusan Informatika ITB sudah tinggal di Chiang Mai sejak awal Mei 2007. Betah banget ya. Bahkan kedua anak mereka, Jonathan yang lahir tahun 2010 dan Joshua yang lahir tahun 2015 juga lahir di Chiang Mai.

Kalau kamu kepo kenapa Risna sampai sebetah itu di Chiang Mai, kamu bisa langsung kepoin ceritanya di blog Amazing Grace. Kali-kali aja kamu juga mau nyusul ke negeri gajah itu. 

#2 Blogger dari Zaman Dahulu Kala

Risna termasuk orang terlama yang saya tahu pernah ngeblog. Ia mengaku ngeblog dari 2002. Yup 20 tahun lalu!

Sempat punya beberapa blog, sebelum akhirnya memutuskan punya blog bareng sang pacar yang baru jadian beberapa bulan. Kalau orang lain tanda serius itu dikasih cincin tunangan, Risna dan Yohanes malah buat blog Amazing Grace pada 7 April 2004

Blog yang artinya keajaiban kasih karunia ini terbukti bisa bertahan hingga hari ini dan menjadi saksi perjalanan keluarga mereka. Saat ini blog tersebut diisi oleh Risna dan Yohanes. Mungkin di tahun-tahun ke depan, kontributor blog tersebut akan bertambah dengan Jonathan dan Joshua.

Ehm, jadi kepikiran juga nggak sih punya blog keluarga seperti ini. 

#3 Blogger Konsisten

Saya mengenal Risna sejak 2018 setelah Risna tertarik dengan info kegiatan ODOPfor99days yang saya bagikan di FB Group Komunitas ITB Motherhood. 

Pada saat itu Risna katanya sih lagi malas-malasan ngeblog. Kebetulan target tahun itu masih ringan. Hanya diharapkan menulis seminggu sekali setidaknya selama 99 hari. Ada yang berhasil ada yang tidak.

Baru di tahun 2019 dengan nama baru KLIP atau Kelas Literasi Ibu Profesional, Risna memperlihatkan tingkat kekonsistenan yang bikin orang terinspirasi terintimidasi

catatan konsistensi ngeblog bersama KLIP
Catatan konsistensi ngeblog Risna bersama KLIP di tahun 2019, 2020, 2021. Silau nggak sih lihat badgenya?

Lihat Risna ngeblog tu kok kaya gampang ya. Coba aja tanya dia sesuatu. Misalnya, “Na, gimana sih caranya bikin Flipbook?” 

Lalu dalam 2-3 jam (ehm... kadang seringnya cukup 1 jam kurang. Itu juga sambil tetap menjawab chat kita), jawaban akan keluar dalam bentuk satu postingan blog. 

Kekonsistenannya selama ini membuat Risna dipercaya untuk mengisi berbagai acara yang berhubungan dengan dunia blogging. Jaminan mutu lah kalau Risna yang jadi narasumbernya. 

Rasanya kaya nggak percaya pencapaian kaya gini bisa dicapai oleh orang yang beberapa tahun sebelumnya masih mikir

“Mau nulis apa tiap hari?”

“Mana sempat nulis tiap hari.” 

“Ah, nanti pembaca bosan kalau saya menulis setiap hari.”

catatan konsistensi ngeblog Risna 2022
Catatan konsistensi ngeblog Risna bersama KLIP tahun 2022. Masuk sebagai 9 KLIPers terbaik dari 456 peserta.

#4 Blogger Pecinta Drakor

Risna tu emang orangnya nggak suka setengah-setengah. No wonder kalau dia bawaannya ‘mau makan orang’ kalau lihat orang yang setengah-setengah dalam mengerjakan sesuatu. 

Karena suka drama korea, bersama sejumlah teman-teman, pada 10 Oktober 2020 Risna membuat website drakor class. Di website itu mereka begitu totalitas untuk mengisinya dengan segala hal yang berhubungan dengan perdrakoran. 

Buat kamu yang suka bingung mau nonton drakor apa, membaca ulasan teman-teman drakor class bisa sangat membantu loh.

#5 Blogger dengan Setengah Lusin Blog

Ini baru blog sendiri dan blog barengan yang sering diisi ya. Masih ada lagi website lain di mana Risna suka berbagi tulisan.

Mungkin karena cukup percaya diri dengan konsistensinya yang sudah teruji bertahun-tahun dan buatnya menulis blog itu udah kaya ngemil kacang, punya banyak blog bukanlah masalah.

Mulai dari blog Amazing Grace yang diisi berdua dengan suami sejak 2004. Lalu ada juga blog Risna sendiri di Risna.info untuk hal-hal yang sifatnya terlalu Risna banget.

Sejak ada drakorclass, postingan mengenai perdrakoran, juga jadi punya rumahnya sendiri. 

Sebagai pakar berbloggeran di kalangan teman-teman, Risna mulai merasa perlu untuk memisahkan tips-tips ngeblognya di blog Menulis Blog

Dan yang terakhir ini Risna bikin blog ajaib yang isinya dibuat oleh Artificial Intelligence ChatGP

Emangnya nggak mahal ya punya banyak blog itu? Mana Risna kan Wordpress minded

Sejak beberapa tahun belakangan ini, blog kami hosting di dedicated server yang dikelola Joe, sekalian digunakan untuk keperluan lainnya. Punya domain banyak, tidak menambah banyak biaya hosting. Harga domain setahun juga tidak lebih mahal dari beli Pizza. - Risna

Jadi… terjawab ya kenapa Risna punya banyak blog. 

Kalau kamu bisa konsisten menulis, bisa menulis dengan cepat, dan hanya membutuhkan beli domain yang tidak lebih mahal dari Pizza, kamu juga bisa punya banyak blog seperti Risna.

Kalau belum bisa, ya udah mari kita nikmati dan syukuri  punya 1 blog saja dulu dengan rajin mengisinya. 

Risna di Bandung
Acara jumpa fans Risna di Bandung pada 14 Agustus 2022
(850 kata)

Shanty Dewi Arifin
Shanty Dewi Arifin Mama yang sedang semangat belajar menulis demi bisa bayar zakat sendiri.

2 komentar untuk "Mengapa Risna Perlu Punya Banyak Blog?"

Comment Author Avatar
Aku kehabisan kata-kata mau komen, baca tulisan mbak Shan kok kayaknya lebih bagus daripada aku menuliskan rekam jejak perjalanan menulisku bersama KLIP ya. Apalagi di sini lengkap ada sertifikat KLIP ku hihihi.

Makasih ya mbak Shan sudah menuliskan ini dan sudah mengajak aku berlatih konsisten menulis setiap hari. Aku tidak akan seperti sekarang kalau nggak ketemu dengan teman-teman yang rajin dan giat berlatih konsisten seperti mbak Shan dan teman-teman di KLIP. Dulu aku bahkan ga tau apa itu literasi walau suka ngeblog hahaha ...

Kalau aku malas menulis, aku akan membaca lagi tulisan mbak Shan ini. Buat pengingat pernah rajin, hehehe ...
Comment Author Avatar
Aku buat di sini karena tahu di sana nggak ada. Atau mungkin faktor sirik juga karena nggak punya sebanyak itu. Ha...ha...