lWcg51fin4Fhk7iYMzhi8k0YG8mjAdav5FwgOuRx

Tempat Asyik Ngumpul Bareng Komunitas di Bandung

Tempat Asyik Ngumpul Bareng Komunitas di Bandung

Hari gini siapa sih yang nggak punya selusin komunitas. Ya itu komunitas hobi, komunitas olahraga, komunitas teman sealmamater, komunitas pengajian, atau bahkan komunitas yang mendukung kerjaan. 

Makin banyak berjejaring, makin banyak silahturahmi, Insya Allah kebermanfaatan kita makin terasa. Setuju nggak teman-teman?

Walau sejak pandemi kita tetap bisa berkumpul secara online di zoom, tetap saja ya acara ngumpul offline itu vibes-nya beda. 

Ngegosipnya atau curhat-curhatannya tuh jadi lebih afdol kalau ketemuan langsung. Segala aja ya jadi bisa dibahas. Dari gosip viral yang remeh temeh, sampai ide kolaborasi seru bisa jadi kepikiran kalau udah ngumpul bareng, sambil ngobrol ngalor-ngidul.

Acara ngumpul-ngumpul komunitas kalau menurut saya nyamannya yang orangnya nggak gitu banyak. Circle kecil aja. Mungkin sekitar belasan sampai 30 orang lah. 

Biasanya kalau acara bagi-bagi ilmu, jumlah orang segini terasa lebih hangat dan pesannya lebih nyampe. Dibanding acara besar yang melibatkan di atas 30 orang.

Kriteria Tempat Ngumpul Komunitas yang Seru

Kalau buat saya, tempat ngumpul itu juga lumayan pengaruh ya untuk memutuskan bisa hadir atau tidak di sebuah acara komunitas. Selain konten acara atau pembicaranya tentu saja.

#1 Lokasinya strategis

Kalau bisa lokasinya tidak terlalu diujung dunia. Walau tempatnya indah, tapi kalau habis waktu di jalan, ya kadang mikir juga untuk bisa hadir. Apalagi kalau konten acaranya tidak terlalu spesifik.

Sekarang dengan mudahnya ojek online, kita tidak lagi terlalu terpaku oleh jalur angkutan umum. Tapi tetap ya, kalau bisa lebih dekat dan biayanya murah, tentu saja lebih dipertimbangkan. 

#2 Tempatnya nyaman buat ngumpul

Jumlah peserta dan jenis kegiatan yang akan dilaksanakan perlu dipertimbangkan dalam memilih tempat acara. Ada tempat yang memang asyik buat ngumpul kurang dari 10 orang, tapi nggak ok kalau buat rombongan 20-an orang. Atau ada juga tempat yang asyik buat ngobrol santai, tapi pas harus praktek sambil buka laptop jadi susah karena mejanya nggak pas buat kerja. 

#3 Konsumsinya enak 

Nah ini juga penting. Acara ngumpul-ngumpul itu biasanya kan nggak cukup 30 menitan. Bisa 2 jam inti acaranya aja. Terus lanjut ngobrol-ngobrolnya 1 jam lagi sendiri. Belum acara foto-foto ya. Kalau begini pastilah butuh konsumsi yang bikin naga-naga di perut ikut anteng. 

Buat teman-teman yang suka foto-foto makanan, bahkan perlu tidak sekedar enak. Tapi juga makanan yang cantik di foto. Bener apa bener?

#4 Harganya sesuai budget

Biasanya selalu ada aja nih tempat-tempat yang memberikan harga khusus komunitas untuk mengadakan acara di tempat mereka. Jadi kalau kita sebagai penyelenggara, bisa tuh untuk menanyakan kemungkinan ini.

#5 Instagramable

Apalah artinya ngumpul tapi tidak didokumentasikan kan ya. Makanya tempat-tempat ngumpul yang punya spot-spot menarik buat berfoto, pasti lebih jadi prioritas buat acara ngumpul-ngumpul.

Munggahan bareng di Moxy Hotel
Munggahan bareng Komunitas Blogger Bandung di Moxy Hotel

Pilihan Tempat Ngumpul Komunitas di Bandung

Alhamdulillah di kota yang sudah saya tinggali sejak awal kuliah tahun 1993 ini, punya seabreg-abreg pilihan tempat ngumpul komunitas yang menarik dan perlu dicoba.

Saya sendiri punya beberapa komunitas yang sering ngadain acara ngumpul bareng. Berikut beberapa tempat yang biasa kami jadikan tempat berkumpul.

#1 Taman kota

Bandung punya beberapa taman kota yang cukup nyaman untuk bisa digunakan untuk tempat ngumpul bareng.

Kami pernah belajar mengenai Bullet Journaling di Taman Balai Kota Jl. Wastukencana, diskusi literasi di Taman Maluku atau Taman Film Jl. Layang Pasopati, Taman Lansia yang di samping Gasibu, dan lain-lain.

Taman-taman ini cukup nyaman buat ibu-ibu yang membawa anak-anak. Jadi anak-anak bisa sambil menikmati suasana dan tidak merasa terkungkung di dalam ruangan. Tinggal modal tikar buat alas duduk saja. Ini cocok buat ngumpul belasan orang.

#2 Creative Hub

Saya sangat bersyukur pemerintah kota Bandung menyediakan tempat creative hub di lokasinya mudah dicapai dan tidak sulit untuk dipakai. 

Salah satunya adalah Bandung Creative Hub di Jl. Laswi. Cukup banyak kegiatan komunitas yang bisa ditampung di sini. Saya sendiri sempat mengikuti sejumlah acara di gedung yang cantik ini. Seperti acara Workshop mengenai Membaca Nyaring, Belajar seni bebenah rumah Gemar Rapi, sampai workshop membuat topeng bersama anak-anak dan menonton pameran seni. Pokoknya segala hal yang berhubungan dengan kreatifitas bisa ditampung di sini.

#3 Coworking space

Nggak mau kalah, pihak swasta juga mulai banyak yang membuka co-working space. Tempat yang biasanya bisa disewa untuk kantor-kantor dengan karyawan terbatas. Co-working space ini juga bisa jadi pilihan untuk acara-acara komunitas yang insidental. 

Beberapa co-working space yang sempat saya datangi seperti Co&co Jl. Dipati Ukur 5 dan Cipaganti 130, Conclave di Greko Creative Hub Jl. Ahmad Yani, Eduplex Jl. Dago, Point Lab di Jl. Banda, dan masih banyak lagi. 

#4 Cafe

Mau yang auranya santai banget, kita bisa coba ngumpul-ngumpul di Cafe. Jangan salah, cafe yang kita pikir hanya asyik buat pacaran atau ngobrol dengan teman se-geng ber-4 atau ber-5 saja, bisa juga loh disulap untuk bisa menampung acara komunitas dengan jumlah peserta sampai 30-an orang. 

Cukup banyak cafe-cafe cantik di tengah kota Bandung yang punya harga khusus untuk acara komunitas.

#5 Hotel

Emang sih ya hotel kesannya eksklusif banget. Tapi ternyata banyak hotel yang cukup bersahabat untuk kegiatan-kegiatan komunitas.

Hotel itu kelebihannya memang lebih profesional dalam mengadakan acara-acara karena fasilitasnya cukup lengkap. Ya ruangannya, ya makanannya, bahkan untuk tempat menginap nara sumbernya jika dibutuhkan.

Moxy Hotel Dago
Moxy Hotel, Hotel Rooftop di Bandung

Pengalaman Ngumpul Komunitas di Moxy Bandung

Salah satu hotel yang enakeun buat ngumpul komunitas yang bisa saya rekomendasikan adalah Moxy Hotel di persimpangan antara Jl. Dago dan Jl. Sulanjana. Terletak di tengah kota Bandung, membuat hotel ini mudah dicapai dari mana-mana. Cocok nih buat saya yang suka jam karet kalau ada acara. 

Kebetulan pada Sabtu, 26 Maret 2022 lalu saya berkesempatan ngumpul sama teman-teman dari Komunitas Blogger Bandung. Ini adalah komunitas blogger pertama yang saya ikuti sejak memutuskan mencoba jadi blogger di tahun 2016. 

Jadi seneng banget ketika dapat kesempatan bisa ngumpul bareng blogger-blogger kondang kota kembang. Ada para pengurusnya seperti Kang Ali Muakhir, Bang Aswi, Teh Efi Fitriyyah, Teh Nchie Hanie, dan Teh Tian Lustiana yang pertama ngenalin saya sama dunia blogger.

Apalagi momennya pas munggahan. Minggu terakhir sebelum memasuki bulan suci Ramadhan. Setelah lama nggak ketemu akhirnya bisa ketemu lagi sama Ambu Maria, Amy Zet, Eka Riani, Nia Haryanto, Egy, Demia, Erry, dan banyak lagi teman-teman blogger lain. Ada yang sudah kenal sebelumnya. Ada yang baru kenalan lagi di sini. 

Menurut saya tampilan hotel di Dago ini berbeda dengan hotel berbintang yang biasa saya masuki. Loby hotel Moxy terkesan sangat tidak biasa. Saya sempat bingung, ini beneran hotelnya? Atau ini cafe? Atau tempat main?

entrance moxy hotel
Entrance dan lobby Moxy hotel yang tidak biasa

Ruangan tempat pertemuan kami pun enakeun banget dan nggak biasa. Karena kami duduk lesehan di bean bag gitu. Jarang-jarang kan bisa ngumpul kaya gini.

Cocok dengan tema acara kami yang santai aja sore itu. Sekedar ngobrol-ngobrol, memperkenalkan diri kembali, main game, bagi-bagi hadiah, dan tentu saja dong makan-makan dan foto-foto sebagai acara wajib.

Kang Ali Muakhir Blogger Bandung
Kang Ali Muakhir tengah menghangatkan suasana teman-teman Blogger Bandung

Menu makan di Moxy

Dalam kesempatan ini, kami dijamu dengan menu buka puasa dengan sentuhan Nusantara ala Moxy. Asli loh makanan lokal yang menggoyang lidah. Mulai dari tajil, main course, desert, dan sejumlah food stall.

Teman-teman bisa banget nih membawa komunitasnya menikmati buka puasa bareng cukup dengan Rp 150.000,-/pax dengan konsep all you can eat buffet di Food Market #atthemoxy. Plus nanti bisa dapat 1 strip foto gratis untuk diunggah ke Instagram. 

Menu Nusantara Moxy Hotel

Menu Nusantara Moxy Hotel
Contoh Menu Nusantara untuk Buka Puasa 

Buat yang berminat ngajak komunitasnya berbuka puasa bareng di Moxy, bisa reservasi ke Moxy Bandung 022-4050 777 atau WA +62 823 2045 8469. Bisa juga DM dari IG @moxy-bandung.

alternatif menu buka bersama moxy hotel
Beberapa alternatif menu buka bersama di Moxy Hotel

Menginap di Moxy Hotel

Buat orang luar kota, nginap di Moxy juga adalah pilihan yang perlu dipertimbangkan. Mungkin kamu perlu menginapkan pembicara yang akan diundang di acara komunitasmu. Bisa banget tuh.

Hotel Moxy merupakan jaringan hotel di bawah brand Marriot International yang memiliki lebih dari 60 hotel yang tersebar di Amerika Utara, Eropa, dan Asia Pasifik. Jadi pelayanannya punya standar jaminan mutu lah.

Fasilitas kamar moxy hotel
Kamarnya enakeun banget ya. Jadi kapan kita bawa keluarga buat nginap di sini?

 Gimana? Jadi kapan kita ngumpul di Moxy Bandung? 

Atau teman-teman punya tempat favorit untuk acara ngumpul komunitas? Boleh dong dibagikan di kolom komentar. Biar bisa jadi inspirasi buat pembaca lain. 

Makasih banyak ya yang sudah mampir ke tulisan ini.


Related Posts
Shanty Dewi Arifin
Mama yang sedang semangat belajar menulis demi bisa bayar zakat sendiri.

Related Posts

26 komentar

  1. Banyak banget tempat kumpul komunitas di Bandung yang perlu diexplore, dan salah satunya hotel, meski terkesan wah tapi tetep gaya santuy, stylish dan berasa berjiwa muda terus ya di hotel di dago bandung, banyak tulisan2 penyemangat juga di ruangannya. Ahh, bikin betah berlama-lama di sini apalagi bareng komunitas kesayangan.
    Makasih silaturahminya Teh Shanty,semoga next bisa ketemu lagi .

    BalasHapus
    Balasan
    1. Seneng banget sempat ketemu Nchie lagi. Udah lama banget ya kita nggak ketemuan.

      Hapus
  2. Wahh coworking space semi cafe gitu sih enak banget buat kumpul", apalagi kalau ada di pusat kotaa hha, jadi kolaborasi semua tempat yang disebutkan diatas ya :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Coworking sekarang emang keren-keren ya. Pinter banget bikin interior yang nyaman buat kerja sekaligus nyeni.

      Hapus
  3. Keren banget sih Moxy ini, kamarnya menggoda banget nih untuk diinapi. Begitu juga dengan menu buka puasanya, enak-enak semua yaaa... daftar menunya itu komplit banget utk hidangan buka puasa bersama.

    BalasHapus
  4. Wah bisa nih buka puasa atau nginep sekalian di Moxy Bandung, enakeun banget tempatnya ya...nyaman. Apalagi menunya, menggoda bener. Itu harga set-nya terjangkau , pas buat kumpul komunitas!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ditunggu di Bandung Dian. Seru juga kalau bisa ada acara ngumpul dengan blogger luar kota.

      Hapus
  5. kalau tempat ngumpulnya seru dan bersama orang orang seprofesi akan menimbulkan banyak ide ide briliant yang bisa dieksekusi bersama. Makanan dan minuman enak bikin berbincang lebih semarak dan menyenangkan banget sih ya

    BalasHapus
  6. Wah, asyiknya bloggers ngumpul di Hotel Moxy Bandung :) Fasilitas hotelnya kece ya, menu makanannya juga sangat bervariasi dan kelihatan lezat semua. Acaranya seru amat mbak. Paling betah deh kalau co working space terasa nyaman begini. Itu menu bukbernya bisa kita pilih ya. Ah jadi kepengen buru2 main ke Moxy hihihi.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jangan lupa japri-japri kalau main ke Bandung.

      Hapus
  7. Wah, tips buat mencari tempat kumpulnya oke juga neh. Kalau semua sudah masuk persyaratannya ya tinggal cus aja hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Koleksi buat para pengurus komunitas nih biar para anggotanya bisa rutin menjaga silahturahmi.

      Hapus
  8. Bandung memang menakjubkan. Makanya betah banget klo ada event komunitas kumpul di Bandung. Sesekali bloggerhub bisa juga kayanya bikin meetup luring... Colek mas Jarot

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kebayang serunya kalau bisa ngumpul-ngumpul dengan teman-teman blogger dari kota lain. Colek Mas Jarot juga.

      Hapus
  9. Di Bandung memang banyak tempat buat ngumpul ya, Teh. Saking banyaknya kadang jadi susah ngakurin sama temen-temen :D Kalo sama sahabatku semasa SMA, kami suka ke taman kota. Zaman remaja dulu kami suka kelayapan bareng ke mana-mana. Sekarang udah emak-emak jelita, pindah ke taman kota aja biar nggak encok (((encok))).

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dirimu kemana kemarin? Pasti lebih seru kalau dirimu hadir.

      Hapus
  10. wah kayaknya nyaman banget ya nginap maupun gathering di Moxy. Makananya juga selera lidah semua.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Indonesia banget. Tapi berkelas dengan tatanan yang apik.

      Hapus
  11. Enak yaa bisa ngumpul2 gitu, pasti deh banyak sekali ilmu yang bisa diserap. Apalagi tempat ngumpulnya cantik banget yaa��

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jangan salah, ngobrol santai aja tanpa harus berbagi yang berat-berat malah bisa lebih seru loh. Jadi bisa fokus ke foto-foto...ha...ha...ha... Dasar blogger kurang jalan-jalan aja nih.

      Hapus
  12. Ada banyak tempat menarik untuk nongkrong di Bandung yah Kak, duh pengen banget deh jalan2 ke Bandung

    BalasHapus
  13. Kaka ikut komunitas apa aja di Bandung? Aku juga pengen dong ikutan seriusan. Btw kapan2 aku staycation ah di moxy hotel

    BalasHapus
  14. Seru ya
    Semoga ada kesempatan ke Bandung dan kenalan dengan vanyak orang dari komunitas bloger dan fotografer

    BalasHapus