Ketika Teman Ngeblog Menjadi Sumber Inspirasi

teman-blogger

Saya mulai mengenal dunia per-blog-an di tahun 2016. Komunitas KEB termasuk salah satu komunitas blogger pertama saya. Di sini tiba-tiba jumlah teman saya di Facebook bertambah secara signifikan. Dari teman-teman sealmamater yang cuma 500-an, jadi melewati angka 1000-an. Tiba-tiba jadi kenal banyak sekali orang baru dari berbagai kota.

Kenapa sih perlu gabung komunitas blogger? Emang nggak bisa ngeblog sendirian di pojokan? Bukankah hobi menulis itu identik dengan mereka yang lebih suka sendiri daripada bersosialisasi dengan orang lain?

Saya sendiri sebenarnya memang sangat nyaman dalam kesendirian. Rasanya lebih bisa berpikir jernih dibandingkan dengan dikelilingi oleh banyak orang dengan berbagai macam pendapat yang bisa aneh-aneh. 

Tapi mungkin karena kita pada dasarnya makhluk sosial ya, ternyata saya bisa sangat menikmati pertemanan dengan teman-teman yang memiliki hobi yang sama. Sama-sama hobi menulis, sama-sama hobi ngeblog, sama selera bacaannya, sampai sama selera gibahnya.

mamah gajah ngeblog

Rupa-rupa Teman Ngeblog

Mulai dari sekedar kenal melalui tulisan di blog masing-masing saat blogwalking, pertemanan bisa berlanjut dengan kesempatan bertemu secara offline. 

Alhamdulillah saya punya banyak kesempatan untuk sering berkumpul dengan teman-teman blogger di Bandung dan sesekali dengan teman-teman dari kota lain. Seneng banget deh rasanya punya teman yang penuh warna-warni. Rasanya kalau tidak dari ngeblog, sulit untuk punya keragaman teman semacam ini.

Berikut beberapa tipe teman favorit saya di dunia blogging:

#1 Si Pemenang Lomba

Sepertinya impian setiap blogger adalah melihat namanya muncul sebagai pemenang di sebuah lomba blogger. Itu sebabnya saya paling suka kepo dengan mereka yang namanya suka wara-wiri di daftar para pemenang ini. 

Mereka itu kalau menulis memang benar-benar mantap riset dan data pendukungnya, ditambah lagi dengan dukungan story telling yang bagus. Jadi asyik aja baca blognya.

teman blogger


#3 Si Hobi Curhat

Saya juga suka nih temen-temen yang begitu ringan curhat masalah pribadi di blog. Seperti kaya baca cerita fiksi atau nonton sinetron Indosiar aja rasanya. 

Walau memang kadang terselip rasa malu dan risih baca cerita yang terlalu pribadi, tapi keterbukaan seperti itu ternyata bisa bikin kita merasa dekat dengan orang tersebut. Biasanya betah banget berlama-lama di blog mereka sekedar karena kepo.

#4 Si Papan Reklame

Ini sebutan saya untuk teman-teman yang lebih suka mengisi konten blognya dengan informasi-informasi produk atau jasa. Dari mereka ini saya jadi belajar mengenai cara penjualan soft selling. Pada pinter banget deh mengaitkan antara pengalaman pribadi dengan informasi yang ingin disampaikan. Apalagi ditunjang dengan kemampuan mereka membuat video untuk mendukung tulisan. Nggak jarang, saya beneran ikut tergoda untuk membeli barang atau mencoba jasa yang ditawarkan.

#5 Si Angin-anginan

Kalau dipikir-pikir, saya juga masuk tipe blogger angin-anginan. Kadang muncul kalau lagi rajin, tapi terus tiba-tiba hilang. Rasanya banyak banget nih nemu tipe temen seperti ini. Tapi biasanya teman-teman blogger angin-anginan begini, punya aja postingan-postingan viral mereka yang isinya sangat bagus dan bermanfaat.

#6 Si Pinter Bercerita

Selalu angkat topi deh sama temen yang punya kemampuan story telling yang baik. Ditambah lagi bisa memilih sudut pandang yang unik dalam menceritakan sesuatu. Hal seperti itu membuat kita jadi asyik membaca blognya. 

#7 Si Mbak Google

Salah satu tipe teman yang paling penting yang saya temukan di dunia blogging adalah teman untuk bertanya segala hal. Daripada repot-repot googling, paling enak nih nanya ke teman yang dapat predikat Mbak Google. Ada yang jago soal teknis blog, ada yang jago soal grafis, ada yang pinter banget buat reels, atau lainnya. Menurut saya lebih efektif nanya teman daripada googling dari orang yang tidak dikenal. 

Komunitas Blogger yang Saya Ikuti

Jadi dapat rupa-rupa teman sebanyak itu darimana saja? Walau komunitas blogger dan menulis itu tumbuh banyak sekali bagai jamur di musim hujan, saya sejak 2016 baru sempat bergabung dengan beberapa saja. 

Kenapa sih perlu gabung banyak komunitas yang sejenis? Apa temannya nggak lu lagi lu lagi? Mbok ya setia aja sama satu komunitas.

Duh gimana ya… Walau memang temannya banyak juga yang masuk kategori lu lagi lu lagi, tapi tetap aja ya setiap komunitas punya daya tarik tersendiri.

Selalu ada saja kegiatan-kegiatan menarik yang ditawarkan oleh komunitas ini. Ini yang bikin saya selalu tergoda untuk nyemplung di berbagai kolam komunitas.

Berikut komunitas blogger yang saya ikut berdasarkan waktu joinnya.

#1 Kumpulan Emak Blogger (KEB)

Saya pertama kali dikenalkan dengan KEB oleh Tian Lustiana yang sama-sama punya anak di sekolah yang sama. Dari KEB ini lah, saya jadi tahu banyak komunitas blogger lain. Jadi KEB bisa dibilang gerbang komunitas blogger saya.

Di KEB ini saya jadi kenal dengan tulisan-tulisan para pentolannya seperti Mbak Mira Sahid, Indah Julianti, Efi Fitriyyah, dan lain-lain.

#2 Blogger Bandung

Sebagai orang Bandung, tentunya saya perlu bergabung dengan teman-teman blogger sekota. Blogger Bandung ini cukup sering mengadakan event yang memungkinkan kami ketemuan sambil makan-makan, dapat ilmunya, plus dapat bayaran juga. 

Di Blogger Bandung saya jadi kenal dengan Bang Aswi, Kang Ali Muakkir, Nchie Hanie, Bunda Intan, dan blogger-blogger kondang di Bandung ini.

blogger-bandung

#3 Blogger Perempuan

Saya juga suka lomba-lomba yang diselenggarakan oleh Blogger Perempuan. Menurut saya lombanya keren-keren dan berkualitas. Suka aja baca tulisan mereka yang sering menang lomba-lomba Blogger perempuan ini.

#4 Ibu-ibu Doyan Ngeblog

Di Ibu-ibu Doyan Ngeblog saya mengenal Mbak Indari Mastuti dan Widyanti Yuliandari. Banyak ilmu-ilmu ngeblog yang sering dibagikan di grup ini. Kebetulan karena domisilinya Mbak Indari di Bandung, saya juga berkesempatan ikut acara di rumah beliau. Seneng banget bisa lihat dapurnya orang kreatif dibalik IIDN. 

#5 Bloggercrony Community

Salah satu kegiatan menarik dari grup ini adalah acara tahunannya yang biasanya melibatkan 100 blogger. Sebuah perhelatan yang memang perlu diikuti oleh setiap blogger. Belum sah rasanya jadi blogger kalau belum ngikutin acara tahunan ini. Saya sendiri baru sempat sekali mengikuti acara Bloggercrony yang kebetulan diadakan di Bandung pada tahun 2019. Kesempatan bagus buat ketemu teman-teman celeb blogger dari kota lain yang bisa bergabung.

#6 Blogger Hub

Komunitas yang sepertinya sedang mati suri ini menarik karena menurut saya pengelolaannya cukup profesional di masa jayanya. Mereka rutin mengadakan pelatihan yang disebut BloggerTalk. Materinya bagus-bagus dan sesuai dengan kebutuhan blogger. Bagusnya lagi, materi tersebut bisa ditonton di Youtube setelah selesai acara. Jadi sangat membantu kalau kita lupa dan ingin menyimak materinya lagi. 

#7 Mamah Gajah Ngeblog

Ini adalah komunitas blogger terbaru saya yang warnanya berbeda lagi. Karena memang komunitas kecil dibawah payung ITBMotherhood yang merupakan komunitas para mamah alumni ITB. Di sini saya menemukan kembali hobi membaca blog yang sempat hilang. 

Tantangan bulanan yang diberikan, membuat para anggotanya jadi rajin mengisi blog minimal 1 bulan sekali dengan pengalaman mereka yang unik-unik.

mamah-gajah-ngeblog

Teman Ngeblog Tercinta

Akhir kata saya mau bilang terima kasih banyak buat teman-teman blogger tercinta yang masih sempat untuk memilih hobi yang menyita waktu ini. Sekedar berbagi pengalaman dalam bentuk tulisan sehingga bisa menjadi inspirasi dan informasi buat orang lain. 

ngeblog-asyik-bareng-keb

(1000 kata)


Shanty Dewi Arifin
Shanty Dewi Arifin Mama yang sedang semangat belajar menulis demi bisa bayar zakat sendiri.

Posting Komentar untuk "Ketika Teman Ngeblog Menjadi Sumber Inspirasi"