Kenalan dengan Laptop Gaming Harga Terjangkau ASUS TUF Dash F15

 

rekomendasi laptop gaming

Terus terang saya itu masih terheran-heran dengan mahalnya harga laptop gaming yang mencapai di atas 50-an juta. Sebagai bukan pemain game, saya benar-benar takjub dengan performa laptop gaming sekelas ROG itu. Tidak hanya tampilannya yang kelihatan berkelas, tapi juga begitu powerful kinerjanya.

Kebetulan anak saya Raka yang sekarang duduk di bangku SMA, lagi nyari-nyari laptop yang bisa mendukung studinya. Selain untuk tugas-tugas sekolah dan organisasi, Raka bercita-cita masuk jurusan Informatika ini juga perlu laptop yang cukup mumpuni untuk bisa mendukungnya belajar programing. Sambil boleh lah main game buat refreshing aja. Walau gamenya juga yang standar-standar saja seperti F1, PUBG, atau CS:GO.

Tentu saja batasannya adalah budget ya. Walau pengen banget punya laptop gaming yang canggih, tapi tetap aja harus tetap sesuai budget. 

Mengenal ASUS TUF Dash F15

Ternyata ASUS memahami banget nih mereka yang punya keterbatasan budget tapi kepengen merasakan nikmatnya punya laptop gaming yang graphisnya bagus dan nggak ada istilah nge-lag karena kepanasan. 

Pada Minggu, 10 September 2023 lalu, saya berkesempatan kenalan dengan salah satu produk ASUS yang mungkin cocok untuk kebutuhan kami. 

ASUS mengeluarkan TUF Dash F15 seri FX 517. Ini adalah model laptop gaming yang ringkas dan ramah di kantong dengan performa yang tinggi. 

asus tuf dash f15

Berikut beberapa keunikan ASUS TUF Dash F15:

#1 Harga di 16 jutaan

Dari begitu banyanya jenis laptop, tentu saja yang pertama menjadi kriteria paling mudah adalah biaya ya. Jangan sampai terlalu out of budget juga. Idealnya sih, kebutuhan terpenuhi maksimal tapi harga di minimal. 

Makanya, pas banget nih ketika ASUS mengeluarkan laptop gaming dengan harga masih di bawah 20 jutaan. Jadi bisa dibilang, ASUS TUF Dash F15 ini dibuat sebagai adiknya seri ROG. Harganya sendiri masih di 16 jutaan saja, untuk spesifikasi yang mumpuni.

#2 Performa didukung Processor Intel

Laptop ini menggunakan prosesor Intel® Core™ i7-12650H generasi ke-12 processor 2.3 GHz (24M Cache, up to 4.7 GHz, 10 cores: 6 P-cores and 4 E-cores) dengan MUX Switch (multiplexer switch). MUX Switch ini membantu laptop bekerja dengan lebih cepat terutama untuk game-game dengan grafis yang berat.

Memory sudah 8GB DDR5-4800 SO-DIMM x 2, bisa diupgrade hingga 32GB, support dual channel memory. Untuk penyimpanan tersedia 1TB PCIe® 3.0 NVMe™ M.2 SSD.

Untuk graphisnya menggunakan NVIDIA® GeForce RTX™ 3060. Cocok juga nih buat yang senang buat rendering dan desain animasi.

#3 Tidak panas

TUF Dash F15 menggunakan kipas Arc Flow dan total lima heatpipe yang terbuat dari tembaga untuk memaksimalkan aliran udara agar sistem tetap dingin dan bekerja optimal. 

Suara kipasnya pun halus dan nyaris tidak terdengar. Asli ya keren banget teknologi ini. 

asus tuf dash f15
Sistem kipas dan aliran udara yang memungkinkan laptop bisa bekerja optimal.

#4 Dilengkapi dengan Software Original

Laptop ini sudah dilengkapi dengan sistem operasi Windows 11 Home dan Pre-installed dengan Office Home and Student 2021 yang harganya mencapai 1,8 juta. Jadi nggak perlu repot-repot beli terpisah ya. Pokoknya tahu beres dan langsung bisa dipakai kerja nih.

#5 Tipis dan ringan

Dibandingkan dengan laptop gaming yang lain, ASUS TUF Dash F15 dengan ukuran layar 15,6” ini ukurannya cukup nyaman untuk dibawa-bawa berkegiatan di luar rumah.

Ketebalannya tidak lebih dari 2 cm dengan dimensi 35,5 x 25,1 cm. Beratnya pun cukup 2 kg saja. Dengan cover aluminium, laptop ini tersedia dalam warna Off Black dan Moonlight White

Batereinya mampu bertahan hingga 16,6 jam, jadi tidak perlu pusing buat selalu terhubung dengan colokan ya. Oh ia, sebagai bonus pembelian tersedia juga backpack TUF Gaming loh. 

asus tuf dash f15 white

#6 Audio yang nyaman

Sebagai orang yang suka bekerja sambil mendengarkan musik, speaker yang bagus menjadi bahan pertimbangan penting. Laptop ini dilengkapi dengan 2 speaker Dolby Atmos yang memiliki ketelitian tinggi. 

Terdapat juga Two-Way AI Noise Cancelation menjaga komunikasi masuk dan keluar dari kebisingan pada latar belakang.

#7 Tahan banting

Walau tidak akan sengaja dibanting juga ya, tapi perlu loh punya laptop yang sudah mendapatkan sertifikasi lolos uji ketahanan berstandar militer AS (MIL-STD 810H). Jadi nggak usah terlalu takut untuk dibawa-bawa ke berbagai medan.

asus tuf dash f15

Spesifikasi ASUS TUF Dash F15

Berikut spesifikasi lengkap dari laptop yang diklaim sebagai laptop gaming tertipis ini. Memang pas lah dengan harganya. 

Model FX517ZM
Operating System Windows 11 Home
Processor 12th Gen Intel® Core™ i7-12650H Processor 2.3 GHz (24M Cache, up to 4.7 GHz, 10 cores: 6 P-cores and 4 E-cores)
Graphics NVIDIA® GeForce RTX™ 3060 Laptop GPU, 1452MHz* at 105W (1402MHz Boost Clock+50MHz OC, 80W+25W Dynamic Boost), 6GB GDDR6
Display 15.6-inch, FHD (1920 x 1080) 16:9, Value IPS-level, Anti-glare display, sRGB:62.5%, Adobe:47.34%, Refresh Rate:144Hz, Adaptive-Sync, MUX Switch + Optimus
Memory 8GB DDR5-4800 SO-DIMM x 2, Max Capacity:32GB, Support dual channel memory
Storage 1TB PCIe® 3.0 NVMe™ M.2 SSD
I/O Ports 1x 3.5mm Combo Audio Jack
1x HDMI 2.1 TMDS2x USB 3.2 Gen 1 Type-A
1x USB 3.2 Gen 2 Type-C support DisplayPort™ / power delivery / G-SYNC
1x RJ45 LAN port
1x Thunderbolt™ 4 support DisplayPort™
Keyboard and Touchpad Backlit Chiclet Keyboard Single Light
Touchpad
Camera 720P HD camera
Audio Dolby Atmos
AI noise-canceling technology
Hi-Res certification
Built-in array microphone
2-speaker system
Network and Communication Wi-Fi 6(802.11ax) (Dual band) 2*2 + Bluetooth® 5.2 (*Bluetooth® version may change with OS version different.)
Wi-Fi 6(802.11ax) (Dual band) 2*2 + Bluetooth® 5.0 (*Bluetooth® version may change with OS version different.)
Battery 76WHrs, 4S1P, 4-cell Li-ion
Power Supply ΓΈ6.0, 200W AC Adapter, Output: 20V DC, 10A, 200W, Input: 100-240V AC, 50/60Hz universal
AURA SYNC Yes
Weight 2.00 Kg
Dimensions
(W x D x H)
35.4 x 25.1 x 1.99 ~ 2.07 cm
Microsoft Office Office Home and Student
Xbox Game Pass Xbox Game Pass for PC_1 month (*Terms and exclusions apply. Offer only available in eligible markets for Xbox Game Pass for PC. Eligible markets are determined at activation. Game catalog varies by region, device, and time.)
Security Kensington Security Slot™Trusted Platform Module (Firmware TPM)
Included in the Box TUF Gaming backpack*Included accessories vary according to country and territory. Please check with your local ASUS retailer for details

Penutup

Setelah beberapa jam berkenalan dan mencoba laptop ini bersama teman-teman blogger, akhirnya saya tahu juga mengapa laptop gaming itu kinerjanya di atas rata-rata. Memang tidak semua orang tertarik untuk jadi gamers ya. Tapi banyak orang yang membutuhkan laptop dengan kinerja yang sekelas laptop gaming yang terbukti lebih tidak mudah panas, serta gambar dan suaranya yang bagus. 

Kalau kamu sendiri punya laptop inceran nggak? Boleh kok kalau mau disampaikan di kolom komentar. Semoga jadi doa agar laptop idaman bisa segera kamu miliki. Amin...


Shanty Dewi Arifin
Shanty Dewi Arifin Mama yang sedang semangat belajar menulis demi bisa bayar zakat sendiri.

Posting Komentar untuk "Kenalan dengan Laptop Gaming Harga Terjangkau ASUS TUF Dash F15"