Bagaimana Cara Mudah Menulis di Blogspot?

menulis mudah di blogspot

Platform Blogspot itu memang paling sering dihina-dina sebagai platform blog kelas bawah. Bukan apa-apa sih sebenarnya. Lebih karena fasilitasnya yang dinilai seadanya saja. 

Di Blogspot memang kita tidak bisa menggunakan sejumlah plug in yang bisa membantu kinerja sebuah blog. Di Blogspot, pengguna hanya bisa pasrah saja dengan kesederhanaan fitur yang tersedia. 

Tapi jangan salah, kesederhanaan blogspot ini memberikan sebuah keuntungan tersendiri. Kita tidak ribet dengan banyak pengaturan ini itu. Cocok sekali untuk pemula yang tidak mau ribet dan hanya perlu menulis saja.

Masalah Memilih Template

Kendala yang berarti dari blogspot kalau menurut saya yang sudah lama mencoba berbagai platform ini, adalah masalah pemilihan template. Sulit sekali rasanya menemukan template yang benar-benar sesuai dengan kebutuhan. Berbeda dengan Wordpress yang pilihan templatenya cantik-cantik. 

Ada yang tampilannya bagus, eh…kecepatan loading-nya lambat. Ada yang kecepatan loading-nya cepat, tampilannya ‘ndeso’ banget. Ada yang sudah cukup enak, eh ternyata ribet ngedit layout dan menunya karena harus dengan kode-kode html. 

Kalau buat saya sih template yang ditawarkan blogspot itu nggak banget. Tampilan dan pengaturan menunya benar-benar tidak menarik. Kalau nggak kepaksa-kepaksa amat, nggak usahlah pakai template bawaan blogspot itu.

Saran saya sih, cari template di tempat lain. Ada yang gratisan. Ada juga yang berbayar. Seperti template yang saya pakai ini adalah template dari Mas Sugeng.id LinkMagz seharga Rp 230.000,- 

Sebelumnya saya juga sempat mencoba template Igniel Igniplex dengan harga yang sama. Menurut saya dari segi kemudahan pengguna, template Mas Sugeng.id lebih mudah untuk di-customized sesuai kebutuhan. Tidak banyak melibatkan kode-kode html yang rumit itu. 

Untuk yang gratisan, bisa juga pakai template Fiksioner dan Textrim dari Igniel. Atau bisa mencoba salah satu template di Sora Template atau beauty template. 

Begitu sudah menemukan template yang sesuai, sebenarnya semuanya jadi lebih mudah, karena kita cukup fokus untuk membuat postingan saja. 

Agar Post Tampil Optimal di Blogspot

Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan agar tulisan yang kita buat di blogspot tampil bagus dan enak dibaca. 

#1 Paste as plain text

Kalau saya, memilih membuat draft di Google Dokumen. Baru setelah itu dicopaskan ke badan postingan dengan paste as plain text. 

Jadi bukan paste biasa. Ini gunanya agar format text di dokumen tidak ikut terbawa ke tampilan blogspot. Kadang, hal ini membuat tampilan post menjadi tidak rapi. 

#2 Gunakan heading

Manfaatkan penggunakan heading-sub heading atau judul - subjudul untuk membagi tulisan sehingga lebih mudah dipahami. Pembaca umumnya membaca sub-sub judul yang ditampilkan pada post. Mereka tidak akan betah kalau disuruh membaca tulisan panjang tanpa sub bab.

Untuk membuat paragraf dengan spasi, gunakan format paragraf. Paragraf ini berbeda dengan normal yang tidak ada spasinya.

#3 Ukuran huruf tidak terlalu kecil

Karena mayoritas pembaca blog adalah pengguna ponsel, gunakan ukuran huruf yang cukup besar. Kira-kira sekitar 5-8 kata per baris di layar ponsel. 

Perhatikan juga panjang paragraf. Jangan sampai satu layar ponsel hanya terisi 1 paragraf tanpa jeda. Orang akan sulit membacanya. Jadikan menjadi beberapa paragraf, sehingga mata lebih mudah untuk bisa mencerna tulisan tersebut. Tidak apa-apa 2-3 kalimat saja dalam 1 paragraf. 

#4 Lengkapi dengan gambar

Pastikan ukuran gambar cukup optimal. Tidak terlalu besar sehingga membuat loading halaman menjadi lama, tapi juga tidak terlalu kecil agar tampilannya cukup tajam. 

Kalau saya untuk gambar-gambar di blog ini menggunakan dimensi 1280 x 720 px. Biasanya size-nya antara 50-200 kb. Tidak besar-besar. 

#5 Beri label

Jang lupa untuk memberikan label pada postingan di blogspot. Ini gunanya untuk memudahkan pencarian dan membuat menu di halaman pertama. 

Kita bisa menyematkan 1 label/kategori untuk tiap post. Tapi boleh juga kalau 1 post memiliki lebih dari 1 label. Walau saya selalu mengusahkan 1 post cukup 1 label saja. 

#6 Pastikan url blog terbaca lengkap

Url ini adalah alamat yang terbaca Cara Bisa Menulis Blog Tiap Hari? Alamat url untuk postingan ini adalah https://www.ceritashanty.com/2023/02/cara-bisa-menulis-blog-tiap-hari.html

Di bagian kanan post, kita bisa mengubah url blog di bagian permalink. Pastikan alamat blog tidak terpotong pada bagian kata kunci yang kita harapkan dibaca orang lain.

Aslinya url blog di atas adlah bagaimana-cara-bisa-menulis-blog saja.Bukan itu yang ingin saya sampaikan. Melainkan saya ingin menyampaikan kata kunci cara-menulis-blog-tiap-hari. Penekanannya di tiap harinya. Bukan bagaimana-nya. 

Untuk tulisan yang sudah terburu terpublish, juga masih bisa diubah url-nya. Caranya dengan mengembalikan post menjadi draft dulu. Baru link-nya diperbaiki sebelum dipublish kembali.

#7 Beri Deskripsi Penelusuran

Cukup 150 karakter saja untuk membantu mesin pencari mengetahui apa yang sebenarnya kita tulis dalam postingan kita. Itu sebabnya bagian ini jangan sampai terlewatkan untuk diisi. 

—--------------------

Dengan memperhatikan 7 hal di atas, menulis di blogspot hasilnya tidak akan jauh berbeda dengan tulisan di platform lain. Sama-sama bisa dengan mudah dicari di mesin pencari. Yang penting usahakan tulisanmu cukup berbobot dan sesuai dengan kebutuhan pembaca. 

Jadi nggak perlu minder atau kesal dengan menggunakan platform blogspot. Yang penting, tetap berlatih menulis yang konsisten.

(750 kata)

Shanty Dewi Arifin
Shanty Dewi Arifin Mama yang sedang semangat belajar menulis demi bisa bayar zakat sendiri.

Posting Komentar untuk "Bagaimana Cara Mudah Menulis di Blogspot?"