Bagaimana Cara Menulis Review ala Drakorclass?

menulis review ala drakorclass

Di tahun 2023 ini saya bergabung dengan sebuah komunitas baru bernama Drakorclass. Sebuah komunitas yang sejak Oktober 2020 telah rutin mencerdaskan kehidupan bangsa dengan membagikan review drama korea terbaru. 

Sebagai orang yang selalu kesulitan untuk mengingat nama karakter dalam drakor padahal sudah menonton sekitar 20-an judul, saya mencoba memberanikan diri untuk ikut belajar di drakorclass. Mumpung mereka lagi baik hati dan tidak sombong untuk berbagi ilmu membuat konten yang berhubungan dengan drakor.

Setiap malam mingguan akan ada kelas menarik melalui video di grup Telegram drakorclass. 

kelas belajar di drakorclass

Pada 4 Februari 2023 kemarin, saya ikut hadir untuk belajar membuat review bersama Dian Kusumawardani. Ah… seru deh, saya jadi dapat ilmu baru mengenai apa yang sebenarnya perlu dan bisa diangkat dalam sebuah review. Ilmu yang tidak hanya bisa diterapkan dalam review drakor saja, tapi juga dalam review buku atau film lainnya.

Bukan Sekedar Review Biasa

Selama ini saya tahunya review itu cukup membahas mengenai plot cerita dan kesan kita terhadap karya tersebut. Itu saja sudah cukup!

Ternyata bisa lebih jauh dari itu.  

Saya sendiri paling jarang bisa menulis review drama korea yang panjangnya sampai belasan episode itu. Saat episode pertama bawaannya masih penasaran. Saat sudah berakhir, terlalu lelah untuk menuliskannya. Sepertinya lebih asyik kalau segera nonton yang lain lagi dan melupakan yang lama. 

Berbeda dengan menonton film-film pendek, dimana ingatan kita masih segar dari awal hingga akhir. Terasa akan lebih mudah untuk menuliskan reviewnya daripada drama berseri. 

kelas drakorclass bersama dian kusumawardani

Tapi Dian menyampaikan bahwa sebenarnya tidak harus seperti itu juga. Tidak harus menunggu sampai tamat untuk bisa menuliskan review. Dan juga mengapa kita perlu merekam aliran rasa saat menonton drakor. 

Ada banyak yang bisa ditulis dari sebuah drakor. Mulai dari kesan pertama saat baru menonton 1 atau 2 episode pertama, mengulas lebih jauh dari tema yang diangkat, hingga memberikan prediksi atau harapan mengenai akhir cerita. 

Selain itu, kita bisa juga kalau mau membahas mengenai artisnya saja atau kumpulan drakor dengan tema tertentu. Contoh-contoh tulisannya bisa kita lihat di drakorclass. 

Melihat contoh-contoh tulisan di drakorclass, saya jadi belajar bagaimana membuat judul review yang menarik. Nggak sesederhana: “Review drakor A”. Tapi dibuat lebih lengkap dan mengundang rasa ingin tahu, seperti: 

Monthly Magazine Home: Properti atau Home Sweet Home?

Pelajaran Menjadi CEO dari Drama Start Up

Kesan Pertama Nonton Yumi’s Cells, Berkenalan Dengan Berbagai Emosi

Hal lain yang perlu dicatat dari menulis review adalah perlunya membuat outline. Bisa dimulai dari opini pribadi. Lalu masuk ke sinopsis drama yang usahakan berbeda dengan plot sejuta umat dalam tulisan lain. Bisa memberikan kelebihan dan kekurangan dari drama tersebut. 

Beri juga penjelasan tentang karakter dan bukan sekedar siapa memerankan siapa. Jangan lupa juga menyampaikan dimana drakor bisa ditonton. 

Untuk membantu pemahaman para peserta, kami juga diminta untuk mempraktekkan membuat review drakor sesuai materi yang telah disampaikan. Ehm… coba saya lihat, bisa nggak ya saya mempraktekkan ilmu membuat review ini untuk mereview drakor-drakor yang sudah saya tonton.

tugas review drakorclass

Daftar Drakor Shanty

Saya mau simpan di sini ah, daftar Drakor yang sudah saya tonton dan list review yang akan saya buat seiring berjalannya waktu.

  1. Dear My Friends (2016) - 16 episode
  2. Go Back Couple (2017) - 12 episode
  3. Because This is My First Life (2017) - 16 episode
  4. Gangnam Beauty (2018) - 16 episode
  5. Welcome to Waikiki (2018) - 20 episode
  6. Familiar wife (2018) - 16 episode
  7. Sky Castle (2019) - 20 episode
  8. Welcome to Waikiki 2 (2019) - 16 episode
  9. The Penthouse 1 (2020) - 21 episode
  10. Start up (2020) - 16 episode
  11. The World of Married (2020) - 16 episode
  12. Hometown Cha Cha Cha (2021) - 16 episode
  13. True Beauty (2021) - 16 episode
  14. Squid game (2021) - 9 episode
  15. Yumi’s Cell 1 (2021) - 14 episode
  16. High class (2021) - 16 episode
  17. Move to Heaven (2021) - 10 episode
  18. Monthly Magazine Home (2021) - 16 episode
  19. Cleaning up (2022) - 16 episode
  20. Extraordinary Attorney Woo (2022) - 16 episode

(500 kata tidak termasuk judul film)
Shanty Dewi Arifin
Shanty Dewi Arifin Mama yang sedang semangat belajar menulis demi bisa bayar zakat sendiri.

2 komentar untuk "Bagaimana Cara Menulis Review ala Drakorclass?"

Comment Author Avatar
Asik nih drakorclass diendorse mbak Shan hehee. Btw cleaning up aku rencana nonton tapi belum jadi2, kira2 apa yang bikin mbak Shan bertahan menonton drama itu mbak?
Comment Author Avatar
Kepo sama bagaimana cara mereka bisa lolos dari cara insider trading kaya gitu. Aku sebenarnya pengen nonton versi Inggrisnya yang lebih singkat.