Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Mengapa StayOff Aplikasi Pemantau HP Terbaik?

 

aplikasi pemantau penggunaan hp stayoff

Sebagai pecandu sosial media, saya bahagia sekali di awal tahun ini menemukan aplikasi pemantau penggunaan ponsel terbaik yang pernah saya miliki. Bisa dicari di Playstore dengan nama StayOff. Nanti akan muncul sebuah aplikasi dengan nama Screen Time Digital Wellbeing. Entah kenapa begitu.

Selama ini saya sempat mengunakan beberapa aplikasi pemantau ponsel seperti App Usage, YourHour, dan StayFree. Tapi selalu kemudian menemukan kekurangannya. Nah baru dengan StayOff ini saya merasa sangat puas setelah menggunakannya selama 20 hari terakhir ini. 

aplikasi stayoff
StayOff di Play Store dan tampilan halaman pertamanya


#1 Tentang StayOff

Kebetulan sekali hari ini tepat 4 tahun diluncurkannya StayOff. Tepat 20 Januari 2019, StayOff diluncurkan oleh Bubble Apps Productivity Tools di Play Store. Update terakhir yang saya lihat adalah Desember 2022. Kalau di ponsel saya, tercatat menggunakan storage internal sebesar 78MB.

Saya menemukan StayOff setelah mencoba-coba dari satu aplikasi ke aplikasi lain. Saya membutuhkan aplikasi yang statistiknya cukup sederhana dan bisa disesuaikan dengan kebutuhan.

#2 Tampilan layar utama StayOff

Saat membuka StayOff, kita akan disuguhkan dengan tampilan si Mbak berbaju tidur coklat sedang pegang ponselnya di tempat tidur. Ada jeda beberapa detik sebelum kamu bisa sampai ke layar pertama. Sepertinya StayOff sedang melakukan pembacaan terhadap aktifitas jari-jarimu seharian. Sabar dikit ya.

Di layar pertama akan tampil statistik pemakaian ponsel yang begitu akurat. Ada total jumlah jam, total aplikasi yang dibuka, berapa kali kamu buka aplikasi. Di situ kamu bisa memilih mau melihat data hari ini saja, 7 hari terakhir atau 30 hari terakhir.

Kita juga bisa melihat dalam bentuk persentase dalam format diagram lingkaran. Jadi kelihatan persentase main sosmed saya besar sekali. Oh iya, pengkategorian ini juga bisa kita atur sendiri sesuai kebutuhan. Mau kasih nama apa dan aplikasi apa yang dihitung di sana. 

#3 Session statistik dan Hourly statistik

Saya benar-benar terpesona dengan bagian ini. Ini dia data terpenting yang bisa memantau penggunaan ponsel saya secara akurat. Informasi ini terletak masih di layar utama. Jadi tinggal discroll ke bagian bawah saja. 

Di layar utama ini, kamu bisa lihat resumenya. Kalau pengen baca lebih detail, tinggal klik show all saja.

memantau gadget dengan aplikasi stayoff
Jadi tahu deh kenapa saya susah fokus kalau melihat data seperti ini!

#4 Penjelasan Total Times Today

Kalau show all di layar utama diklik, akan kelihatan detail seperti ini. Di sini saya bisa lihat berapa jam sebenarnya yang saya habiskan untuk setiap kategori. 

#5 Penjelasan Session Statistik 

Yang menarik dari bagian penjelasan Session Statistik ini adalah durasi dari aktifitas kita per jam. Ada tanda bintang kalau kita cukup lama tidak buka ponsel. Sebaliknya akan muncul 3 tanda seru kalau kita kelamaan buka ponsel. 

Durasi lama dan sebentarnya ini bisa kita sesuaikan sendiri juga. Kamu bisa set lama itu artinya di atas 15 menit atau bisa juga kalau mau 5 menitan saja sudah cukup. 

#6 Penjelasan Hourly Statistik

Kalau di sini bisa kelihatan aplikasi apa yang kita buka dalam setiap jam. Dan berapa waktu yang kita gunakan dalam jam tersebut untuk buka ponsel. Keren banget nggak sih! 

Saya seneng banget nih kalau bisa menahan diri baru buka ponsel di siang hari. Rasanya seperti dapat rekor baru kemampuan menahan diri yang hebat. 

tampilan stayoff pemantau ponsel
Apresiasi dari StayOff untuk pengendalian diri dalam menggunakan ponsel.

#7 StayOff Progress

Di kiri atas layar utama, kamu bisa menemukan menu garis tiga (sandwich) untuk melihat progress penggunaan rata-rata ponselmu dari hari ke hari. Ini diambil dari waktu rata-rata per hari. 

Kalau tiap hari makin bagus, nanti dipuji sebagai improvement dengan jempol mengacung. Tapi kalau rata-ratanya jadi jatuh, dikasih poo dan dibilang worsened. Dih... gitu amat ya.

#8 Statistik

Di bagian bawah, kamu bisa memilih untuk melihat data statistik seperti aplikasi yang terbanyak digunakan selama ini dan total jumlah pemakaiannya. 

Saya suka dengan jumlah star yang diberikan. Ini menunjukkan berapa kali kamu berhasil menahan diri untuk tidak buka gadget dalam durasi yang cukup lama. Kalau saya menggunakan defaultnya saja yaitu dapat bintang kalau bisa lebih dari 40 menit nggak buka hp, dan dapat peringatan kalau lebih 20 menit buka ponsel.

Di bagian ini juga kita bisa melihat hari terburuk dan rata-rata harian. Ada juga data mingguannya. Lengkap banget lah. 

#9 Membuat kategori sendiri

Ini yang terbaik dari StayOff kalau buat saya. Karena kita bisa dengan mudah mengatur kategori apa saja yang ingin kita pantau dari penggunaan ponsel kita. Saya sendiri membaginya jadi media sosial, menonton, dan membaca untuk yang utama. 

Kamu juga bisa mengatur aplikasi yang bisa diabaikan dari pelacakan. Benar-benar dibuat mudah dan fleksibel.

Hingga hari ke-20 ini, aplikasi masih berjalan lancar sebagai aplikasi yang Free. Walau beberapa hari pertama memang dikasih yang pro. Cuma saya tidak melihat perbedaan yang terlalu signifikan antara yang pro dan free. Yang pasti memang yang gratis ini ada banner iklannya. 

Buat kamu yang ingin memantau penggunaan ponselmu, saya merekomendasikan StayOff ini. Atau kamu punya rekomendasi aplikasi lain? Boleh ya dibagikan di kolom komentar. 

(800 kata)

Shanty Dewi Arifin
Shanty Dewi Arifin Mama yang sedang semangat belajar menulis demi bisa bayar zakat sendiri.

Posting Komentar untuk "Mengapa StayOff Aplikasi Pemantau HP Terbaik?"