Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Mengapa Setiap Orang Perlu Join KLIP

mengapa perlu join klip

Hari ini adalah hari yang spesial. 19 Januari adalah hari ulang tahun komunitas Kelas Literasi Ibu Profesional yang ke-4. Masih kanak-kanak sih. Tapi lagi lucu-lucunya. 

Buat saya KLIP itu sebenarnya bukan 4 tahun. Itu hanyalah umur kelahirannya. Sebelumnya KLIP itu dikandung selama 9 bulan 3 tahun dengan nama ODOPfor99days sejak 1 Januari 2016. Saat itu bukan berupa program 1 tahun, melainkan hanya tantangan selama 99 harian saja. Diadakannya 3x dalam 1 tahun dengan hanya target 1 tulisan per minggu. Masih level janin.

Baru pada 19 Januari 2019, KLIP lahir sebagai program tantangan menulis selama 1 tahun penuh dengan target 10 tulisan per bulan. 

Sulit? Pastinya!

Tapi tetap banyak teman-teman yang tertantang untuk mencoba. Sudah ratusan orang mencoba, tapi tingkat kelulusan KLIP masih begitu rendah. Konsisten itu memang berat, tapi ada yang bisa tuh. Pasti ada strateginya untuk bisa konsisten pada sesuatu yang kita sukai.

Untuk itulah KLIP hadir dan mencoba membantu membuatkan sebuah perangkat komitmen. 

Peserta KLIP 2019-2022
Rendahnya tingkat kelulusan menunjukkan bahwa konsistensi itu memang berat. Tapi layak untuk diperjuangkan.

Di KLIP kamu tidak akan tertantang sendiri. Tapi ada teman sekelas yang sama-sama berjuang untuk bisa mencapai garis finish. 

Dalam setiap bulan catatan konsistensi kita akan rapi terekam dalam sebuah rapor cantik. Saya suka sekali bagian mengisi rapor ini. Rumit-rumit gimana gitu ya berurusan dengan data spreadsheet yang jumlahnya ribuan row setiap bulan. 

Terima kasih banyak kepada teman kami Reisha yang sudah membantu merekapkan kumpulan setoran kami dengan rapi dan cantik. Jadi enak deh kalau melihat pencapaian manis di akhir tahun seperti ini:

Rapor KLIP Shanty 2021
Hadiah badge setiap bulannya untuk menambah semangat. 

rapor klip shanty 2021
Catatan perjalanan menulis sepanjang tahun 2021.
Saya suka karena di KLIP kita bisa mengatur target kita sendiri. Tidak perlu silau dengan pencapaian orang lain. Apakah di level sekedar suka menulis untuk curhatan dalam google dokumen terkunci, suka nulis di caption sosial media seperti IG atau FB, suka menulis cerita bersambung di aplikasi baca, atau mungkin suka ngeblog seperti saya ini? Semua boleh menjadi setoran KLIP.

Tahun ini pendaftar KLIP ditutup pada 19 Januari 2023 pk 19.00 dengan 368 peserta. Saya benar-benar berharap kami bisa menjadi pejuang garis finish bersama-sama pada Desember 2023. Semangat!
(360 kata)
Shanty Dewi Arifin
Shanty Dewi Arifin Mama yang sedang semangat belajar menulis demi bisa bayar zakat sendiri.

2 komentar untuk "Mengapa Setiap Orang Perlu Join KLIP"

  1. Karena konsisten adalah kunci. Berlatih konsisten menulis bisa membentuk kebiasaan baik dan konsisten.untuk terus berkarya di berbagai hal lain selain menulis.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ya ampun dibaca Risna yang ini. Padahal postingan darurat. Mestinya aku kasih link ke post-post mu tentang KLIP ya. Lebih menjelaskan.

      Hapus