Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Feedly: Tempat Penyimpanan Artikel Favorit

 

Feedly tempat menyimpan artikel favorit

Jalan-jalan di dunia maya itu memang seru. Rasanya bisa seperti kita jalan-jalan dari satu pertokoan ke pertokoan lain. Ada banyak hal-hal menarik yang ditawarkan. Lihat ini menarik, lihat itu tergoda. Semuanya pengen dibungkus aja. Nggak terasa waktu berlalu dengan cepat dengan seabrek-abrek informasi.

Yang paling kesal adalah ketika kita butuh, eh...kok informasi itu hilang dan sulit dicari. 

Ya ampun, itu kemarin siapa ya yang share tentang info film menarik? Pokoknya ingatnya namanya dari R. Ehm...tapi siapa ya? Judul filmnya juga ribet. Jadi sulit banget nih mau di-search.

Pernah ngalamin kaya gitu? 

Dulu saya suka sekedar di-save saja. Atau bahkan di-share. Tapi mungkin karena save dan share di banyak tempat, ya tetap juga lupa. Emang susah kalau pelupa. Yakin sudah simpan di tempat yang aman. Tapi amannya itu dimana? Ini yang lupa. Ha..ha..

Mengenal Feedly

Saya tahu Feedly setelah direkomendasi Carolina Ratri di blognya. Beneran deh jatuh cinta sama website dan aplikasi satu ini. Dengan Feedly, sekarang saya jadi lebih mudah menyimpan link-link penting yang menarik. 

tampilan feedly
Tampilan Feedly artikel terbaru dari teman-teman Blogger yang blognya saya simpan di Feed.


Kelebihan Feedly yang bikin kesemsem

Kenapa sih perlu repot-repot simpan di Feedly? Kan bisa taruh saja di notes Hp. Saya coba ceritakan beberapa kelebihan Feedly dibawah ini ya:

#1 Tampilannya menarik

Asli enak banget loh baca di Feedly itu. Jadi Feedly itu tidak hanya memberikan link saja, tapi deskripsi singkat. Kalau mau lanjut, kita bisa klik untuk artikel separuh atau selengkapnya. Kita bisa membacanya di Feedly saja dulu tanpa perlu langsung ke website atau blognya. Kalau tertarik dan memerlukan info lengkapnya, baru deh kita klik tautan untuk langsung ke blog dan baca artikel selengkapnya.  

Selain menarik, buka artikel di Feedly itu terasa lebih ringan dan cepat. Nggak banyak pernak-pernik yang mengganggu. Langsung fokus ke artikelnya saja. Cocok nih, buat yang malas ketemu iklan atau printilan yang tidak bikin berat loading artikel.

#2 Bisa menyimpan Blog favorit

Untuk akun gratisan, kita bisa memiliki 3 kelompok di Feed Feedly. Kalau saya menggunakannya untuk menyimpan website atau blog internasional, website atau blog nasional, dan blog teman-teman blogger tercinta. 

Oh iya, walau jumlah Feed dibatasi 3, tapi sebenarnya kita bisa memasukkan seabrek-abrek website  yang kita inginkan ke dalam ketiga Feed itu. Jadi sebenarnya 3 'laci' juga cukup sih. Tinggal pinter-pinter aja mengatur pembagiannya. 

Setiap ada artikel baru, saya bisa melihat di Feed ini. Di sana juga ada datanya, seberapa sering mereka upload blog. Ada yang setiap hari, seminggu 3 kali, seminggu sekali, atau bahkan sebulan sekali seperti blog ini. Jadi kelihatan lah mana teman blogger yang rajin, mana yang .... ya gitu deh. 

#3 Simpan artikel menarik di Board

Board ini seperti folder-folder untuk mengarsipkan artikel menarik yang ingin kita simpan. Berbeda dengan di Feed, dimana kita berlangganan website tertentu. Kalau Board ini hanya untuk menyimpan per 1 artikel saja. 

Misalnya ketemu artikel menarik tentang SEO. Kita bisa buat satu Board khusus untuk menampung artikel-artikel yang berkaitan dengan SEO. 

Board berbeda dengan Feed yang hanya dibatasi untuk 3 kelompok. Board bisa dibuat banyak dan masing-masing menampung banyak artikel favorit. 

Menambahkan Board baru atau menambahkan artikel di Board juga sangat mudah. Cukup dengan klik tanda tambah dan tinggal memasukkan artikel yang ingin kita simpan. 

menambah artikel di sebuah board
Cukup paste-kan link artikel yang ingin kita save di Board.


#4 Syncronize Hp dan Laptop

Cukup dengan 1 akun, kita bisa menyimpan artikel favorit yang kita temukan di laptop atau pun di Hp. Aplikasi Feedly bisa di download untuk di HP. Sementara yang di desktop, cukup dengan membuka feedly.com.

Kenapa ini penting pake banget? Karena kadang kan kita ketemu artikel bagus saat di HP. Kalau saya dulu seringnya simpan link artikel di notes HP. Eh pas mau menulis artikel di laptop, jadi bingung nyari link referensi tersebut. Dengan Feedly, mau buka di laptop maupun HP, saya bisa dengan mudah mengakses link tersebut.

#5 Mendapatkan rekomendasi artikel 

Kita bisa mendapatkan rekomendasi artikel terbaik dari bidang-bidang yang kita minati. Caranya cukup dengan klik tanda + (tambah) atau follow new source dan pilihlah bidang yang kita inginkan. Nanti akan muncul beberapa rekomendasi artikel. Kalau memang sesuai dengan yang kita butuhkan, bisa kita save di Board. 

pilihan rekomendasi artikel feedly
Feedly akan merekomendasi artikel berdasarkan bidang yang kita perlukan.


#6 Tampilan artikel ringan untuk dibaca

Walau beberapa website hanya menampilkan sebagian artikel, namun ada banyak juga website yang menampilkan utuh artikelnya di Feedly. Nah yang tampil utuh ini menurut saya lebih nyaman di baca di Feedly daripada harus buka websitenya langsung. Ukuran hurufnya enak aja gitu lihatnya.  Dan nggak banyak distraksi nggak penting seperti iklan.

Tampilan artikel di Feedly
Tampilan Blog Post di Feedly terasa lebih ringan dan nyaman untuk dibaca.


Sebenarnya untuk versi pro, ada banyak kelebihan lain yang sangat menggoda. Seperti bisa menambahkan note dan highlight pada artikel. Juga bisa untuk bahan diskusi dengan tim. 

Gimana, tertarik pakai Feedly juga? Atau malah sudah pengalaman menggunakannya? Ditunggu ceritanya di kolom komen ya.


(750 kata)
Shanty Dewi Arifin
Shanty Dewi Arifin Mama yang sedang semangat belajar menulis demi bisa bayar zakat sendiri.

3 komentar untuk " Feedly: Tempat Penyimpanan Artikel Favorit"

  1. ada blog aku di feedlynya mbak shanty! hehehe...

    kalau aku biasanya nyari blog itu ke sosmed nya, atau kalau artikel yang ingin dibaca lagi, paling di bookmark (walau kadang2 nggak dibuka2 lagi tuh bookmark, hehehe)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nah itu, awalnya sempat lupa. Ini Amazing Grace siapa ya? Lebih mudah mengingat Amazing Grace daripada compactbyte waktu itu. Sempat juga kupikir apa Grace Melia ya.

      Hapus
  2. Super banget, ini memang yang solusi yang kutunggu-tunggu, terimakasih Teh Shanty.

    BalasHapus