BELAJAR CARA MENYEIMBANGKAN KESEHATAN FISIK, MENTAL, DAN SPIRITUAL DARI DR PUTI RITA LISWARI

Senin, November 26, 2018



Pada hari Sabtu, 17 November 2018 lalu, saya berkesempatan mendapat ilmu dari dr. Puti Rita Liswari. Tema yang diangkat adalah mengenai bagaimana caranya untuk menyeimbangkan kesehatan fisik, mental, dan spiritual untuk keharmonisan keluarga. Cakep ya tema acara yang diangkat Bubu Wiwik Wulansari dan teman-teman ini. 



Selama 3 jam, dr. Puti berbagi pengalamannya menangani ribuan pasien di klinik kesehatan miliknya. Sebuah klinik kesehatan holistik IHC - Integrated Health Center yang terletak di Jl. Terusan Cisokan Bandung. Klinik ini telah berdiri sejak tahun 2005. 


dr. Puti 

Menurut dr. Puti, penyakit itu bisa disebabkan oleh kondisi medis maupun non medis. Untuk menyembuhkan penyakit, kita tidak bisa sekedar minum obat saja. Tapi juga harus disertai dengan perubahan pola makan, pola hidup, dan pola pikir


Penyakitmu datang dari dirimu, tetapi tidak kamu waspadai.Obatmu ada pada dirimu, tetapi tidak kamu sadari.- Ali bin Abi Thalib 


Kualitas tubuh setiap orang sebenarnya unik. Ada yang tubuhnya tahan banting, ada yang lemah. Semuanya itu dipengaruhi oleh kualitas sel darah. Kualitas sel darah sendiri ditentukan oleh kualitas makanan, gaya hidup, lingkungan, dan kondisi mental spiritual kita. 

Ada 3 hal yang perlu diperhatikan agar pembuluh darah kita tidak rusak, yaitu:

  • Mengurangi makanan/minuman yang tinggi gula
  • Mengurangi pikiran negatif
  • Menghindari rokok dan zat kimia

Peserta yang lagi serius nyimak penjelasan dr. Puti di Hotel Citarum Bandung

Sebenarnya rahasia hidup sehat itu sederhana kok menurut dr. Puti.

#1 Menjaga ph makanan yang masuk ke dalam tubuh
Idealnya 60% makanan basa yang phnya 7-14 (sayur, buah, air putih, dan lainnya) dan 40% makanan asam yang phnya 1-7 (karbohidrat, protein). Karena pada dasarnya tubuh manusia cenderung basa dengan ph 7,3 hingga 7,5.

#2 Minum 8 gelas air putih
Kalau kopi atau teh tidak termasuk ya. 

#3 Olahraga 20 menit

#4 Bahagia pikiran dan hati

75 - 90% pasien yang berkunjung ke dokter adalah akibat penyakit yang berawal dari stress.- Paul Rosch, MD, Presiden American Institute of Stress

Dalam kesempatan ini, dr. Puti juga melakukan Life Blood Cell Analysis (LBA) dan cek Nadi dari beberapa orang peserta. Dengan melihat sel darah pasien - apakah sel darahnya rapat, lengket, kental, bisa menjadi bahan untuk mendiagnosa kesehatan seseorang. 

dr. Puti sedang cek nadi peserta. 

Pikiran ternyata punya peranan penting dalam mengentalkan darah. Stress itu bisa 50 kali membuat darah lebih kental dibandingkan dengan makanan. Ketegangan alam bawah sadar ini bisa dialihkan kepada hal lain, seperti beribadah. Tapi bukan ibadah yang dikerjakan untuk sekedar penggugur kewajiban ya (atau malah ibadah untuk pencitraan).

Memang perlu dilatih untuk bisa berada dalam kondisi relaks. Kuncinya adalah di sabar, syukur, dan ikhlas menghadapi kehidupan. Sederhana, tapi perlu usaha untuk mempratekkannya. 

Terima kasih buat Bubu Wiwik Wulansari dan para pendukung acara yang sudah memfasilitasi acara kece di Hotel Citarum Bandung ini. Membantu mengingatkan kita untuk selalu menyeimbangkan antara kondisi fisik dan mental spiritiual. 
Para peserta yang ingin sehat selalu... Amin.

Seluruh peserta Seminar Rahasia Hidup Sehat berfoto bersama dr. Puti


#ODOPNovemberChallenge
460 kata, 1 jam

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.