--> Review Dorama Familiar Wife - Cerita Shanty - Perjalanan Belajar Seorang Mamah
lWcg51fin4Fhk7iYMzhi8k0YG8mjAdav5FwgOuRx

Review Dorama Familiar Wife

 

review dorama familiar wife

Saya ketemu film yang dalam bahasa Jepang berjudul Shitteru Wife ini secara tidak sengaja di Viu pada Februari 2021. Jarang-jarang saya mau nonton film tanpa sebelumnya dapat review atau setidaknya punya bayangan mengenai film tersebut. Beneran lagi gabut aja, trus nggak sengaja mengklik episode pertamanya. 

Eh, tapi terus kok ya penasaran dengan episode ke-2, ke-3, nggak terasa sampai tamat yang ke-11. Asli pinter banget deh pembuat filmnya bikin orang ingin mengikuti cerita lengkapnya.

Dorama Familiar Wife ini tentang apa?

Salah satu yang bikin saya terpincut adalah karena ceritanya sangat dekat dengan kehidupan pasangan yang sudah menikah. Tentang seorang suami bernama Motoharu (diperankan oleh Tadayoshi Okura) yang mulai merasa tidak nyaman dengan pernikahan yang telah dijalaninya selama 5 tahun bersama istrinya Mio (diperankan oleh Alice Hirose). Dengan 2 orang anak kecil, entah bagaimana istri berubah menjadi monster yang suka marah-marah dan bikin Motoharu merasa tidak nyaman dekat-dekat dengan istrinya.

Ehm, sebuah kondisi yang sangat beresiko ya buat bapak-bapak. 

Nggak cukup segitu godaannya. Tiba-tiba Sayaka (diperankan oleh Miori Takimoto) mantan kecengan nan cantik pun muncul. Sayaka yang telah menjadi pemusik sukses mengatakan kalau dia itu sebenarnya sejak dulu naksir sama Motohari. Wah...udah deh…. Morat-marit lah mental Motoharu. 

dorama familiar wife mio
Istri lelah kaya gini terus suami bawaannya sibuk sendiri, gimana nggak jadi monster coba. (sumber: Fuji Television Network)


Dari sini berkembanglah plot klasik, what if… gimana kalau...

“Bagaimana kalau aku dulu nggak nikah dengan Mio?” 

“Bagaimana kalau aku memilih menikah dengan Sayaka?”

Walau absurb, ceritanya Motoharu mendapat kesempatan untuk bisa memundurkan waktu ke 10 tahun sebelumnya. Saat ia belum mengenal Mio dan masih kuliah bersama Sayaka. Pada tanggal ia seharusnya bertemu Mio, ia mencoba melakukan hal yang lain. Memilih menerima undangan Sayaka. 

Hidup bisa diubah. Mulailah hidup yang baru.

Apa efek semua itu di masa depan? Semua menjadi sesuai impian Motoharu. Alih-alih bangun sambil mendengar anak yang nangis, istri yang marah-marah, dan kemeja kantor tidak ada yang bersih, Motoharu bangun dengan makanan yang sudah disiapkan istrinya Sayaka yang cantik. Lengkap dengan kemeja bersih yang tergantung dengan rapi. 

Ia bahkan punya rumah dan mobil yang bagus sebagai menantu #horangkaya. What a dream!

Sayangnya kebahagiaannya tidak benar-benar berlangsung lama. Di tempat kerjanya, yang kebetulan masih sama dengan sebelumnya, Mio istrinya di paralel universe muncul sebagai karyawan baru. Tentu saja ini Mio yang berbeda, karena Mio belum mengenal Motoharu. Tapi kan Motoharu tahu kalau ini Mio istrinya. Ya galau dan salting lah Motoharu. Mio-nya sih santai dan nggak mengerti. 

Mio tampil sebagai wanita muda yang banyak senyum dan selalu berbahagia. Motoharu akhirnya ingat, bahwa Mio memang awalnya seperti ini. Bukan Mio si monster yang sangat ditakuti Motoharu. 

Karena sering bertemu di tempat kerja, akhirnya Motoharu menyadari kesalahannya. Bahwa ia lah yang membuat Mio berubah menjadi pemarah dan selalu uring-uringan. Di sisi lain,  Sayaka juga merasa tidak bahagia disamping Motoharu. Sampai-sampai Sayaka meminta cerai. 

Motoharu mulai merasa bersalah dengan dirinya sendiri. Ia yang membuat orang-orang di sekitarnya menjadi tidak bahagia. Untuk menebus kesalahannya, akhirnya ia memilih mengambil keputusan yang tidak terduga. Nah bagian ini lumayan plot twist ya. Sangat menarik untuk disaksikan sendiri.

Menurut saya film ini cocok untuk ditonton bapak-bapak biar lebih memahami istrinya. Walau pesan untuk si istri juga bagus banget sih. Nonton bareng aja kali ya. Tapi kira-kira betah nggak ya bapak-bapak nonton  film drama kaya gini? Kalau untuk suami saya yang lebih memilih serial drama politik di Netflix, solusinya cukup kuceritakan saja setiap episodenya. Biar nggak kepikiran yang aneh-aneh kaya si Motoharu ini. 

familiar wife mio vs sayaka
Antara istri yang berubah menjadi monster vs mantan kecengan cantik yang ternyata naksir. (sumber: Fuji Television Network)


Dibuat ulang dari versi Korea

Kalau kita browsing mengenai Familiar Wife, yang muncul adalah drama korea dengan judul yang sama. Jadi memang aslinya film ini adalah dari drama korea dengan judul yang sama. 

Film versi Koreanya dibintangi oleh  Ji Sung (sebagai Cha Joo Hyuk atau Motoharu versi Jepang), Han JI Min (sebagai Seo Woo Jin atau Mio), dan Kang Han-Na (sebagai Lee Hye Won atau Sayaka). 

Panjangnya 16 episode dan ditayangkan di TvN dari 1 Agustus-20 September 2018.

Kalau versi Jepangnya dibuat lebih singkat dengan 11 episode dan ditayangkan di Fuji TV dari 7 Januari-18 Maret 2021.

Saya sempat melihat sedikit episode pertama yang versi Korea di iqiyi. Adegan-adegan awalnya memang beneran sama persis. Mungkin yang versi Korea dibuat lebih panjang karena pengaruh si istri juga bekerja. Bukan seperti yang versi Jepang dimana Mio-nya hanya IRT saja. 

poster familiar wife versi jepang dan korea
Ada yang sudah menonton kedua film ini? (sumber poster: asianwiki.com)

Penutup

Yang pasti saya sangat puas dan bahagia melihat endingnya. Pesan moralnya adalah terima pasangan kita apa adanya. Saling intropeksi dan menjalin komunikasi agar tidak gampang salah paham. Jangan kelewat egois dan sibuk sendiri sehingga tidak sempat memperhatikan kebutuhan pasangan. 

Pesan ringan yang disampaikan dengan konteks yang umum terjadi dalam banyak rumah tangga. Ada suami yang sibuk bekerja dan mengejar karirnya, istri yang berkutat dengan urusan rumah dan anak, hingga orang tua yang butuh perhatian. Masalah-masalah rumah tangga klasik deh.

Nggak perlu kita sendiri yang mengalami kondisi ‘gimana kalau’ yang beresiko menghancurkan mahligai rumah tangga deh. Itu berat. Biar Motoharu saja. 


(850 kata)




Related Posts
Shanty Dewi Arifin
Mama yang sedang semangat belajar menulis demi bisa bayar zakat sendiri.

Related Posts

2 komentar

  1. Ada drakor yang mirip mbak dan aku tapi lebih suka yang versi satunya ini, judulnya Go Back Couple.Ada di viu dan netflix juga

    BalasHapus
  2. "What if"
    ehhehe...kaya bahasa pemrograman gak sih teh?

    Tapi aku serius langsung buka VIU niih... Rindu sekali nonton dorama.
    Sekalian refresh bahasa Jepang lagi.. Kangen, walau sekarang pemainnya aku gak ada yang kenal. hiiks~

    Nanti kalau ada refrensi dorama lagi, aku dicolek yaa, teh..

    BalasHapus