Awal Minggu Dimulai Hari Minggu atau Senin?

 

awal minggu hari minggu atau senin

Sebagai orang yang suka menandai penanggalan dengan nomor minggu dalam 1 tahun, penentuan awal minggu seringkali menjadi perhatian saya. Saya sendiri selama ini selalu suka memulai minggu pada hari Senin. Hari kerja pertama sebagai awal minggu dan ditutup dengan hari Minggu saat liburan. 

Saya suka kesel aja kalau lihat kalender yang umumnya memulai awal minggu dengan hari minggu. Itu sebabnya saya paling suka kalau ada kalender digital yang memiliki pilihan kita mau menggunakan hari Senin atau Minggu sebagai awal minggu?

Kenapa banyak kalender yang menggunakan hari minggu sebagai awal minggu? Ini ceritanya bagaimana sih?

Setelah jalan-jalan ke sejumlah website, akhirnya saya dapat juga jawaban mengenai perbedaan penentuan awal minggu ini. 

Perbedaan Penetapan Awal Minggu

Ternyata memang penetapan awal minggu itu tidak seragam sedunia ini. Ada negara-negara yang menetapkan Minggu sebagai hari pertama dalam 1 minggu. Contohnya negara-negara seperti Amerika, Cina, Kanada, Jepang, Brazil, Arab Saudi, Afrika Selatan  dan lainnya. Termasuk juga Indonesia.

Sementara sebagian besar Eropa dan Afrika memulai minggu pada Senin.

Ada juga negara-negara yang memulai minggu pada hari Sabtu seperti beberapa negara di Timur Tengah.

Peta selengkapnya bisa dilihat di sini.

first day of a week world map
Sumber: https://commons.wikimedia.org/wiki/File:First_Day_of_Week_World_Map.svg

Kalender Hijriah

Kenapa bisa beda-beda ya? Bagaimana ceritanya itu?

Pertanyaan ini membawa saya ke Kalender Hijriah yang biasa dipakai umat Islam. Ternyata dari hari-hari dalam seminggu, itu sudah menunjukkan urutan hari dalam 1 minggu.

Minggu - al Ahad artinya Pertama

Senin - al Itsnain artinya Kedua

Selasa - ats Tsulatsa artinya Ketiga

Rabu - al Arbia artinya Keempat

Kamis - al Khamis artinya Kelima

Jumat - aj Jumuah artinya Perkumpulan

Sabtu - as Sabt artinya Istirahat

Jadi buat orang Arab (termasuk Indonesia mestinya karena mengambil akar kata yang sama), tidak perlu bingung dengan awal minggu itu Senin atau Minggu. Jelas Minggu jawabannya. Artinya sudah jelas “Pertama.” 

Ini bisa jadi berbeda dengan orang yang menggunakan bahasa Inggris (Monday, Tuesday, Wednesday, Thursday, Friday, Saturday dan Sunday). Kalau kata-kata dalam bahasa Inggris ini diambil dari nama-nama para Dewa yang tidak menunjukkan urutan tertentu.

Sejarah Kalender Hijriah

Kalender Hijriah ini menarik juga loh sejarahnya. 

Jadi ya, pada awalnya di Arab itu mereka tidak terbiasa menghitung tahun dengan angka. Mereka hanya menunjukkan penanggalan cukup dengan tanggal dan bulan. Sementara untuk tahun, mereka cukup mengacu pada peristiwa penting yang terjadi pada tahun tersebut.

Misalnya tahun kelahiran Rasulullah sebagai tahun Gajah karena pada tahun itu terjadi penyerangan Kabah oleh Abrahah dari kerajaan Yaman dengan menggunakan pasukan gajah. Jadi ya udah, namanya tahun gajah. Lucu juga ya.

Pembahasan mengenai penomoran tahun baru muncul 6 tahun setelah Rasulullah wafat. Tepatnya di masa pemerintahan khalifah Umar bin Khatab pada 638 Masehi atau tahun 17 Hijriah. 

Pada masa itu ada masukan dari seorang gubernur mengenai surat-surat yang tidak ada tahunnya (hanya tanggal dan bulan saja). Hal ini membingungkan dan mulai dirasa perlu adanya penomoran pada tahun. 

Sempat ada beberapa usulan mengenai penetapan 1 Muharam tahun 1 Hijriah. Ada yang mengusulkan hari lahir Rasulullah. Ada juga yang mengusulkan hari pengangkatan Rasulullah menjadi Rasul. 

Tapi akhirnya yang disepakati adalah usulan Ali bin Abi Thalib. Bahwa 1 Muharram 1 Hijriah diambil dari momen hijrahnya Rasullah dari Mekah ke Madinah.

Ditetapkan 1 Muharram 1 Hijriah bertepatan dengan 22 Juli 622 Masehi. Walau sebenarnya ini tidak menggambarkan tanggal hijrah yang tepat ya. Karena sebenarnya Rasulullah hijrah itu terjadi pada bulan September 622 Masehi.

Untuk penamaan bulan, tetap dipertahankan nama bulan yang telah berlaku sebelumnya di Arab. 

Bulan Hijriah

Kalender hijriah adalah kalender yang berdasarkan posisi bulan. Penentuan pergantian hari berbeda dengan tahun Masehi yang dimulai pada pukul 00.00 tengah malam. Pada penanggalan hijriah hari yang baru dimulai saat magrib.

Dalam 1 tahun ada 12 bulan yang panjangnya sekitar 29 setengah hari. Dalam 1 tahun ada 354 hari (355 hari untuk tahun kabisat). Berbeda 10-12 hari dibanding tahun masehi. 

Nama-nama bulan Islam dalam 1 tahun:

1 Muharram 30 hari

2 Safar 29 hari

3 Rabiul awal 30 hari

4 Rabiul akhir 29 hari 

5 Jumadil awal 30 hari

6 Jumadil akhir 29 hari

7 Rajab 29 hari

8 Syaban 30 hari

9 Ramadhan 30 hari

10 Syawal 29 hari

11 Zulkaidah 30 hari 

12 Zulhijah 29 hari (atau 30 hari untuk tahun kabisat)


Nah gitu deh ilmu baru saya hari ini. Dari sekedar pertanyaan sederhana mengenai awal minggu dimulai hari Minggu atau Senin, jadi membawa saya ke sejarah kalender Hijriah. 

Akhirnya tanpa keraguan, saya sekarang masuk tim awal minggu di Hari Pertama alias Minggu/Ahad. 

Kalau kamu sendiri bagaimana? Termasuk tim awal minggu hari Senin atau hari Minggu? Tidak masalah kok mau masuk tim yang mana. Yang penting kita melalui minggu ini dengan lebih baik dibandingkan minggu sebelumnya. 


Referensi:

https://en.wikipedia.org/wiki/Week

https://id.wikipedia.org/wiki/Kalender_Hijriyah




Shanty Dewi Arifin
Shanty Dewi Arifin Mama yang sedang semangat belajar menulis demi bisa bayar zakat sendiri.

Posting Komentar untuk "Awal Minggu Dimulai Hari Minggu atau Senin?"