Mau Menaikkan DA? Yuk Menulis di BRT Network

Senin, September 21, 2020

brtnetwork

Jadi ceritanya saya dapat ilmu baru nih cara menaikkan DA atau Domain Authority dengan menulis di web 2.0 seperti BRT Network. 

Selama ini saya sebenarnya tidak terlalu tertarik dengan segala yang berhubungan dengan angka-angka sakti para blogger seperti DA, PA dan teman-temannya itu. Maklum, nulisnya juga masih dari Senin ke Senin lagi (lebih parah dari Senin - Kamis ini sih). 

Tapi sejak mulai belajar sedikit-sedikit mengenai ilmu SEO di kelas Growthing, saya mulai merasakan sisi baik dari memiliki nilai DA atau PA yang tinggi. 

Apaan sih DA dan PA itu?

Buat teman-teman blogger pemula, mungkin istilah ini masih asing ya. Jadi DA atau Domain Authority itu adalah skor nilai untuk bisa memprediksi seberapa baiknya situs kita di mata mesin pencari. 

Kalau DA menilai situs kita secara keseluruhan, sementara PA atau Page Authority menilai page per page. Jadi kita akan memiliki 1 nilai DA untuk seluruh blog dan beberapa nilai PA untuk setiap post yang kita tayangkan. 

Untuk mengetahui nilai DA dan PA dari situs kita, bisa dengan masuk ke situs moz.com. Kita juga bisa memasang toolbar di browser kita untuk mengetahui data situs-situs yang kita kunjungi.

Umumnya situs yang memiliki nilai DA tinggi, biasanya akan lebih sering ditayangkan oleh mesin pencari dibandingkan dengan situs yang skor nilainya lebih rendah. Namun karena DA ini bukanlah skor yang dibuat oleh Google, jadi memang tidak menjamin juga hasilnya.

Sebagai informasi, Moz sebagai situs yang mengeluarkan angka DA ini punya sekitar 40 parameter untuk mengukur nilai DA. Sementara Google punya sekitar 200 parameter. Ampun dah ya, banyak amat.

Pada dasarnya yang mempengaruhi nilai DA dan PA itu sebenarnya sama saja. Diantaranya yang paling utama adalah jumlah backlink yang berkualitas menuju ke blog kita.

Mengapa menulis di BRTNetwork bisa menaikkan DA?

Jadi dalam rangka menambah jumlah backlink ke situs kita, salah satu yang bisa kita lakukan adalah dengan rajin menulis di web 2.0 atau situs yang biasa mengijinkan penggunanya untuk berbagi tulisan. Misalnya seperti kompasiana, mojok, dan sejenisnya. 

Dengan menulis di situs-situs seperti itu, kita bisa menitipkan link dari post tulisan kita yang relevan dengan tulisan yang kita bahas di situs tersebut. 

Yang perlu pertimbangkan dalam menebar tulisan ke web 2.0 ini adalah kualitas dari situs-situs tersebut. Jangan juga kita menulis ke situs-situs yang performanya jelek atau pernah ketahuan membuat tulisan-tulisan kita yang lain di blog kita jadi mudah dicuri.

Tampilan brtnetwork


Mengenai BRTNetwork

BRT Network adalah singkatan dari Blogger Ruang Tunggu. Ruang Tunggu buat para blogger yang pengen naik kelas, naik peringkat situsnya, naik pendapatannya. Mari kita aminkan yang kenceng saudara-saudara.

Situs web 2.0 ini digawangi oleh Punto Wicaksono dan istri tercintanya Monica Anggen. Di sini kita bisa berbagi tulisan-tulisan sesuai niche blog kita atau hal-hal yang kita minati.

Ada kategori Family, Hobby, Finance, Motivation, Lifestyle, Techno, dan Travel. Silakan dipilih-pilih mana yang paling sesuai dengan minatmu.

tampilan mobile BRTNetwork


Pengalaman Menulis di BRTNetwork

Saya terus terang suka dengan kesederhanaan situs ini. Nggak rame dan penuh dengan iklan yang bikin pusing lihatnya.

Cara menulis di sana pun sangat mudah. Cukup mengklik register, dan kita akan dikirimkan konfirmasi melalui email.

Sudah deh begitu saja. Kita bisa langsung masuk ke ruang member untuk submit postingan pertama kita. Kita juga bisa dengan mudah upload tulisan dari HP kok. Ini sangat membantu sekali.

Beberapa tips menulis di BRTNetwork

#1 tulis dulu di note agar tidak hilang

Nanti tinggal copas ke badan tulisan.

#2 Cukup sertakan 1 image ukuran 600 x 300 px dengan besar tidak lebih dari 100kb.

Jangan bingung kalau kotak untuk memasukkan gambar tidak ditemukan. Setelah mengisi tulisan, nanti kotak untuk upload image akan muncul.

#3 Jangan lupa menyisipkan link tautan dari blogpost di blog kita yang sesuai dengan tema tulisan yang akan kita tayangkan di BRTNetwork.

#4 Lengkapi dengan meta deskripsi maksimal 150 karakter

#5 Sabar menunggu tulisan tayang dan setelah sebelumnya dimoderasi.

Baca juga tulisan saya di BRT Network mengenai Tips Menata Rumah Minimalis

shanty brtnetwork


Pentingnya foto dalam blogpost

latihan foto buku

Setelah tebar-tebar link dan pengunjung blog makin ramai, baru deh kerasa kalau kita perlu banget melengkapi blogpost dengan image yang menarik.

Kebetulan di kelas Growthing ada Gilang Maulani yang berbagi ilmu mengenai fotografi untuk blogger cukup dengan kamera Hp.

Dari Gilang saya dapat sejumlah tips seputar fotografi. Seperti menggunakan belakang kalender sebagai background, mengenai jumlah properti, dan masih banyak lagi yang sepertinya perlu dipratekkan dengan sepenuh jiwa.

kelas growthing premium





You Might Also Like

4 komentar

  1. semangat mba, tambahan dari mba mon nih, "harus teliti" jangan sampai bikin berantakan rumah orang yang kita tumpangi. (self reminder) :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Thank you Ko. Walau belum ngerti maksudnya. Selamat berjuang di kelas Growthing ya. Semoga bertahan sampai akhir.

      Hapus
  2. kereenn banget Mba, saya salut banget dengan beberapa eh bahkan banyak temen blogger yang akhir-akhir ini semangat lebih serius menaikan performa blognya.
    Dari yang ikutan kelas menaikan DA/PA, kelas blogger hingga akhirnya menulis di blog buat blogger kayak BRT ini.

    Saya belom pernah sih di BRTNetwork, biasanya di Kompasiana, Medium atau lainnya.
    Positifnya lebih bagus serpnya, meski ya akhirnya serp postingan kita turun, tapi DA/PA blog kita bisa naik.

    Kalau BRT ini kayaknya baru ya Mba, keren banget dibuat khusus untuk para blogger yang mau meningkatkan performa blognya :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jadi pengen nyoba di Medium nih. Saran cakep dari blogger senior kaya gini, terlalu berharga buat dianggurin. Thanks sudah mampir Rey.

      Hapus

Ikuti di Facebook

Ikuti di Twitter

Kontak

Nama

Email *

Pesan *