Apakah kita benar-benar memerlukan make up? Belajar dari #nomakeup Alicia Keys

Kamis, Januari 18, 2018


Ketika teman blogger saya, Yasinta bertanya mengenai Apa sih senjata andalan make up emak di grup KEB, saya terus terang langsung malu. Bukan apa-apa, senjataku memang bisa dibilang minim banget. Saya sebenarnya bukan anti make up. Saya selalu suka lihat orang dengan wajah berwarna tipis yang segar. Cantik dan sehat. I wish someday I could be more like them. 

Sejauh ini ilmu saya tentang make up hanya alas bedak (foundation), bedak tabur, dan lipstik glossy 1 warna saja. Untuk perawatan sebatas cuci muka dengan sabun muka dan lotion kalau ingat. Hadeuh… bagaimana mau kinclong kalau kaya begini. Semoga anak gadisku tidak meniru kemalasan Mamanya dan bisa lebih perhatian terhadap kesehatan kulitnya.


Make up itu sebenarnya buat apa?

Kalau buat saya make up itu untuk mempercantik wajah kita. Semua perempuan ingin terlihat cantik dan menarik. Tapi sayangnya tidak semua perempuan dianugrahi bentuk wajah dan kulit sempurna. Ada yang hidungnya pesek, kulitnya berpori besar, dahi lebar, atau pipi temben.

Nah datanglah penyelamat yang namanya make up. Dengan make up, SEMUA perempuan bisa tampil cantik dan menarik. Semua kekurangan bisa disempurnakan dengan polesan senjata andalan.

Konon, semakin mahal mahal make up, semakin halus dan alami tampilan seseorang. Saya pernah ke sebuah konter make up yang direkomendasikan Mama saya. Kaget sekali ketika melihat harga bedak dan alas bedak sampai jutaan.

“Ini serius Ma?” tanya saya. Maklum lah, ilmu saya sebatas bedak sejuta umat yang biasa dibeli di supermarket.

“Teman Mama dulu make up-nya ini, dan hasilnya sangat halus. Halus alami seperti nggak pakai make up,” cerita Mama saya.

Otak saya pun mikir dengan lambat. Bisa gitu ya? Saking mahalnya tu bedak, dia bisa bikin kita cantik tanpa terlihat pakai bedak. Sepertinya suatu saat nanti, mungkin saya harus coba bedak ajaib itu.


Kampanye #nomakeup Alicia Keys

Pada Mei 2016 lalu, Alicia Keys menyampaikan sebuah tulisan yang cukup mengguncang jagad dunia per-makeup-an. Peraih 15 grammy award, penyanyi, penulis lagu dan produser kelahiran 1981 ini menuliskan tentang komitmennya untuk berhenti menggunakan make up.

I hope to God it's a revolution.
'Cause I don't want to cover up anymore. Not my face, not my mind, not my soul, not my thoughts, not my dreams, not my struggles, not my emotional growth. Nothing.

Selengkapnya pernyataan Alicia bisa di baca di website Lenny, Alicia Keys: Time to uncover.

Banyak selebriti yang turut mendukung dengan memposting foto atau video mereka tanpa make up. Seperti Adele, Kim Kardasians, Kyle Jenner, Beyonce, dan banyak lagi. Cuma emang sih, ini contoh humblebrag. Lah mereka itu cantik banget aslinya. Mukanya sempurna dan ditunjang dengan perawatan kulit yang papan atas karena duitnya nggak berseri. Ya wajar lah kalau #nomakeup pun hasilnya kinclong abis.

But anyway, pesannya adalah berani kah kita tampil apa adanya?

Simak deh lirik lagunya Alicia, When a Girl Can't Be Herself

When a girl can't be herself no more
I just wanna cry, I just wanna cry for the world
When a girl can't be herself no more
I just wanna cry, I just wanna cry for the world

In the morning from the minute that I wake up
What if I don't want to put on all that make up?
Who says I must conceal what I'm made of?
Maybe all this Maybelline is covering my self-esteem

Whose job is it to straighten out my curves?
I'm so tired of that image, that's my word
What if today I don't feel like putting heels on?
Who are you to criticize when beauty's only in the eyes...
Of the beholder, so behold her

Uh, uh, I'm so secure with insecurities
Why is being unique such an impurity?
Why are the numbers on the scale like a God to me?
All of these indifferences are based on our appearances

We please to be appeased
The truest pleasure is the fact that we can breathe
Think it into existence, do it, then achieve
A fairy tale reality, beauty was with a beast



Pentingnya perawatan kesehatan

Pernah nonton Jewel in The palace? Drakor tahun 2003 ini mengangkat kisah nyata seorang dokter perempuan bernama Dae Jang Geum. Salah satu adegan yang sangat menarik adalah bagaimana ia bisa menilai kesehatan seseorang dari tampilannya. Bagaimana kulit, kuku, mata, bibir bisa menunjukkan kualitas kesehatan seseorang.

Masa sekarang, kita sering menutup permukaan kita dengan make up. Daripada lebih banyak minum air, kita lebih memilih cara instan menutup bibir kering dengan lipbalm dan lipstik glossy. Kulit berpori-pori besar, lebih mudah menambalnya dengan foundation daripada repot rutin membersihkan wajah sebelum tidur. Kuku tidak sehat, cukup diberi kutex.



Hari gini, apa-apa maunya instans. Kalau bisa cantik instan kenapa harus pake lama…

Kita kembali lagi ke si cantik Alicia Keys ya. Bisa PD banget tampil #nomakeup ke acara Video Music Award, kira-kira bagaimana ya perawatan kulitnya sampai bisa sehat begitu?

Nah ternyata ada make up artistnya Alicia yang bernama Dotti, bersedia bagi-bagi rahasia kecantikan sang artis. Mendampingi Alicia selama 6 tahun, Dotti menyampaikan kalau Alicia itu ternyata rajin facial, akupuntur, makan sehat dan berolahraga. 

Yang kepo bisa langsung berkunjung ke Meet the Woman Behind Alicia Keys’ No Makeup Look and Glowing Complexion.


So make up or no make up?

Berhubung wajahku belum sekinclong dan sebeken Alicia Keys, kayanya saya masih jauh dari PD untuk bisa tampil tanpa make up. Walau make up-nya juga sekedar polesan tipis tidak jelas. Ha…ha…

Terkadang make up itu bukan sekedar dalam rangka menutupi kekurangan, tapi juga sebagai bentuk penghormatan kepada orang lain yang melihat kita. Kasihan, bisa sakit mata orang yang melihat berantakannya wajah kita. Mungkin nanti kalau sudah punya kulit sesehat Alicia Keys, baru berani tampil #nomakeup dan tidak lagi menjadi budak industri kecantikan.

Dan tentu saja yang mestinya dirutinkan adalah perawatan diri. Membersihkan wajah sebelum tidur, menggunakan masker alami, makan makanan sehat, dan tentu saja menikmati hidup dengan selalu bersyukur atas



Selamat berdandan dan merasa cantik yang sebenarnya...


Some people think that the physical things define what's within
And I've been there before, and that life's a bore
So full of the superficial

Potongan lirik lagu If I Ain’t Got You - Alicia Keys


Post ini dibuat sebagai tanggapan terhadap #KEBloggingCollab untuk kelompok Siti Nurbaya yang ditulis oleh Yasinta Astuti berjudul Senjata andalan make up emak di website KEB.

9 komentar:

  1. Sejarah make up wanita itu sebagai penanda :

    1. dia sedang haid
    2. dia dari level high class

    Berkembang menjadi cover dan status symbol.

    Alycia no make up tapi kaan dirawat artinya dia menggunakan macam2 jenis produk juga.

    Bunda tdk berani keluar tanpa cover minimal moiz untuk perlindungan dari teriknya sinar Matahari.

    Jika di rumah okelah sebatas cleansing milk biar ndak berasa kenceng juice buah di usahakan selalu minimal air madu, cantik lebih identik ke sehatlah higienis da harum minimal tubuh ndak bauk

    BalasHapus
    Balasan
    1. Baru tahu Bun saya soal sejarah make up tu kaya gitu. Alicia Keys perawatannya mahal juga. Tapi memang dia hidupnya positif banget kayanya. Suka deh lihat IGnya.

      Hapus
  2. aku juga suka Alicia Keys..
    setelah nikah aku jadi merhatiin wajah :)) aslinya males banget mak tapi gimana, demi wajah yg enak dilihat nanti saat tuaa hihi

    BalasHapus
  3. Saya pernah ya mak kenal sama seseorang, umurnya mungkin sudah 50an tapi kulitnya ya ampun muluuus banget. Wajahnya juga kencang, gak ada jerawat, komedo and stuff. Mungkinkah dia pakai bedak yang juta-jutaan itu ya? Soalnya dia itu memang seorang bos. :D

    BalasHapus
  4. wah baru tau kalo alicia keys melakukan kampanye no make up. dan saya setuju sih teh. hehe. keinget dengan seorang teman kos yang dimana dia nggak pede dengan wajah telanjangnya, alhasil dia jadi ketergantungan make up. dia nggak mau keluar buat jalan tanpa make up. karena baginya wanita yang bermake up itu adalah wanita idaman. padahal wajah tanpa make up adalah pemberian yang orisinal dari Tuhan. hehe. tapi yah balik lagi kemanusianya masing-masing ya teh. tergantung selera aja. saya sih pilih no make up. lebih simple dan cepet selesainya. haaha

    BalasHapus
  5. kalau sekarang saya nggak terlalu pede keluar rumah benar-benar polosan. minimal pakai bedak sih biar nggak kucel. tapi seiring pertambahan umur memang semakin concern sih sama perawatan kulit. soalnya berasa banget di usia sekarang kulit jadi kering makanya mulai rajin berburu skincare

    BalasHapus
  6. Kalau aku sih make up dengan tehnik no make up heheheh

    BalasHapus
  7. Sebetulnya saya tim #nomakeup, ke kantor pun lebih sering bare face, kadang pake pelembab kadang ngga. Suami juga tim #nomakeup sebetulnya.
    Tapi masalahnya make up juga berfungsi untuk menegaskan posisi sih.

    Makanya kalo ada meeting penting sama bos, atau ketemu vendor, baru deh make up-an. Ga heboh sih, sekedar bedak+lipstik+eyeliner.

    Tapi kalo perawatan muka emang penting. Ini pun lagi merutinkan diri pake skicare.

    BalasHapus
  8. Gak bisa pakai make up karena kulit ck prone.. 😥

    BalasHapus

Diberdayakan oleh Blogger.